Jumat, 21 April 2017, 17:00

Sekjen Terbitkan Edaran Penguatan Karakter di Lembaga Pendidikan Keagamaan

Sekjen Kemenag Nur Syam. (foto: humas)

Jakarta (Kemenag) --- Sekjen Kemenag Nur Syam menerbitkan edaran tentang implementasi Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan di bawah Binaan Kementerian Agama.

Surat yang ditandatangani per 20 April 2017 ini menyebutkan bahwa edaran tersebut merupakan tindaklanjut arahan Presiden untuk mengutamakan dan membudayakan pendidikan karaketer di dalam dunia pendidikan. Ini menjadi bagian dari implementasi program nawacita yang dicanangkan melalui gerakan nasional revolusi mental (GNRM).

"Tujuannya, dalam rangka menumbuhkan nasionalisme dan patriotisme di kalangan peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah," jelas Nur Syam sebagaimana dikutip dari Surat Edaran, Jumat (21/04).

Dalam edaran tersebut, Nur Syam minta Kepala Kanwil Kemenag Provinsi seluruh Indonesia untuk menginstruksikan semua kepala satuan pendidikan Madrasah dan kepala satuan pendidikan keagamaan di bawah binaan Kementerian Agama untuk:

Pertama, memasang naskah Pancasila, foto Presiden RI dan Wakil Presiden RI di dalam di setiap ruang kelas, serta beberapa foto pahlawan nasional yang diletakkan dalam bingkai/pigura yang rapi;

Kedua, membudayakan penyanyian lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dilanjutkan dengan pembacaan do'a menurut agama dan kepercayaan masing-masing di setiap awal Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dan menyanyikan salah satu lagu kebangsaan atau nasional lainnya yang dilanjutkan dengan pembacaan doa di setiap akhir kegiatan KBM. (Maryani/mkd/mkd)

Berita Lainnya
Selasa, 18 April 2017, 06:59

Kamaruddin Amin: Lembaga Penjamin Mutu Bukan Lembaga Akreditasi

Selasa, 18 April 2017, 05:51

Muatan Agama dalam Buku Pendidikan Tanggung Jawab Kementerian Agama

Senin, 17 April 2017, 16:03

Lagi, Itjen Kemenag Segera Verifikasi 10ribu Guru Terkait Tunjangan Profesi

Senin, 17 April 2017, 15:34

Kemenag Siapkan Program Pengembangan Keprofesian bagi Guru Madrasah

Kamis, 13 April 2017, 17:05

Kemenag Siapkan 20 Milyar Untuk Revitalisasi Madrasah Program Keagamaan