Rabu, 1 Maret 2017, 17:36

Tiba di Istana Bogor, Presiden Jokowi Sampaikan Sukacita Bertemu Kembali dengan Raja Salman

Presiden Joko Widodo berbincang dengan Raja Salman di Istana Bogor. (foto:biro pers).

Jakarta (Kemenag) - Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kenegaraan Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz al-Saud pada Rabu, 1 Maret 2017, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Kedatangan raja berjuluk Penjaga Dua Tanah Suci tersebut merupakan kali pertama sejak 47 tahun silam.

Penyambutan kunjungan tamu negara kali ini terasa berbeda dibandingkan dengan penyambutan tamu-tamu kenegaraan sebelumnya. Sebab, untuk pertama kalinya, Presiden Joko Widodo menyambut langsung kedatangan Raja Salman selaku tamu negara di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta.

Tepat pukul 13.50 WIB, rombongan Raja Salman memasuki area Istana Kepresidenan Bogor. Hujan deras yang mengguyur Kota Bogor tak menghalangi antusiasme masyarakat yang sengaja berkumpul di depan area Istana Kepresidenan Bogor untuk menyambut sang Raja.

Ketibaan Raja Salman di Istana Bogor sendiri disambut dengan pasukan nusantara, korps musik, dan pasukan berkuda oleh Paspampres. Presiden Joko Widodo kemudian menjemput Raja Salman menuju pintu kendaraannya setelah merapat di pelataran Istana Bogor. Para pelajar SD hingga SMA dari Kota Bogor yang telah menanti kedatangan Raja Salman turut menyemarakkan suasana dengan mengibarkan bendera Merah Putih dan Bendera Kerajaan Arab Saudi.

Penyambutan kenegaraan digelar setelahnya. Lagu kebangsaan kedua negara diperdengarkan dengan diikuti oleh dentuman meriam sebanyak 21 kali menandai dimulainya rangkaian penyambutan.

Presiden Joko Widodo sendiri mengucapkan selamat datang kepada Raja Salman atas kehadirannya di Indonesia. Ia juga menyampaikan sukacitanya karena dapat bertemu kembali dengan Raja Salman.

"Selamat datang Sri Baginda Raja Salman di Istana Bogor. Senang sekali dapat bertemu kembali dengan Sri Baginda Raja. Terakhir kita bertemu tahun 2015 di Saudi Arabia," ujar Presiden.

"Saya juga senang sekali Sri Baginda Raja dan rombongan akan berkunjung ke Bali. Saya yakin insya Allah Sri Baginda Raja akan menikmati keindahan alam dan budaya Indonesia," Jokowi menambahkan.

Raja Salman sendiri yang datang ke Indonesia dengan membawa delegasi dan rombongan besar menyampaikan terima kasihnya kepada pemerintah Indonesia atas sambutan hangat yang diberikan. Raja berharap agar ke depan kedua negara dapat semakin meningkatkan hubungan kerja samanya.

"Kami sampaikan terima kasih yang mulia, Presiden. Saya berharap kunjungan ini dapat meningkatkan hubungan bilateral kedua negara," tuturnya kepada Presiden Joko Widodo. (Biro Pers/dm).

Berita Lainnya
Kamis, 16 Maret 2017, 19:09

Wapres Pimpin Pemakaman KH Hasyim Muzadi

Kamis, 16 Maret 2017, 15:54

Almarhum KH Hasyim Muzadi Akan Dimakamkan Secara Militer

Kamis, 16 Maret 2017, 14:58

Almarhum KH Hasyim Muzadi Akan Dikebumikan di Sisi Depan Masjid Al-Hikam

Kamis, 16 Maret 2017, 12:45

Sore Nanti, Jenazah KH Hasyim Muzadi Dikebumikan di Pontren Al-Hikam Depok

Kamis, 16 Maret 2017, 10:54

Menag: KH Hasyim, Ulama Peduli Keindonesiaan dan Kerukunan