Kamis, 16 Februari 2017, 19:35

Karoum: Bantuan Kemenag Untuk Bangun 6 Ruang Kelas MTsN Pangwah

Gedung MTsN Pangwah yang mengalami rusak parah saat terjadi gempa di Pidie Jaya. (foto: daniel)

Pidie Jaya (Pinmas) --- Kementerian Agama berhasil menghimpun dana bantuan gempa Aceh sebesar Rp1.3miliar. Dana bantuan yang terkumpul itu telah diserahkan oleh Penasehat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenag Trisna Willy Lukman Hakim hari ini kepada Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Aceh Daud Pakeuh.

Kepala Biro Umum Setjen Kemenag Syafrizal yang ikut hadir ke Pidie Jaya mengatakan bahwa bantuan yang diserahkan diperuntukan untuk pembangunan ruang kelas baru bagi MTsN Pangwah. Untuk itu, bersamaan dengan penyerahan bantuan ini juga dilaksanakan peletakan batu pertama pembangunan MTsN Pangwah Pidie Jaya.

Menurutnya, peruntukan bantuan sengaja dipusatkan untuk pembangunan pada satu titik, yakni madrasah. Tujuannya, agar bantuan yang diberikan lebih berwujud nyata ketimbang dipecah-pecah ke berbagai objek penerima bantuan.

MTsN Pangwah mengalami kerusakan total karena gempa berkekuatan 6,5 Skala Richter yang mengguncang Pidie Jaya Aceh pada Rabu, 7 Desember 2016 lalu. Akibatnya, MTsN Pangwah membutuhkan sedikitnya 8 ruang kelas baru.

Dari total kebutuhan itu, Syafrizal mengaku kalau bantuan yang diberikan baru bisa mengcover pembangunan 6 ruang kelas baru dengan asumsi anggaran per kelasnya pada kisaran Rp200juta an. Untuk kebutuhan mebeulair, diharapkan dapat dipenuhi Kementerian Agama.

Sedangkan untuk kekurangan dua ruang kelas lainnya, Syafrizal berharap itu dapat dibantu melalui program CSR Bank Syariah Mandiri."Pada kesempatan ini, Kami juga mengajak pihak Bank Syariah Mandiri untuk melihat secara langsung objek penerima bantuan," ujarnya di Pidie Jaya, Kamis (16/02).

Kepada Kepala Kankemenag Pidie Jaya selaku penerima bantuan, Syafrizal berpesan agar pembangunan madrasah melibatkan konsultan perencana dan konsultan pengawas bangunan. Hal itu menurutnya penting agar bangunan sesuai dengan spesifikasi yang direncanakan dan memiliki konstruksi tahan gempa.

Apalagi, lanjutnya, gempa masih terjadi di Pidie Jaya. Bahkan, Kamis dini hari tadi Pidie Jaya kembali diguncang gempa dengan kekuatan 5,5 Skala Richter (SR).

Dalam kesempatan ini, Penasihat DWP Kemenag juga didampingi oleh Ketua DWP Kemenag Indah Nur Syam, Sekretaris DWP Lia Kamaruddin. (didah/mkd/mkd)

Berita Lainnya
Jumat, 24 Maret 2017, 10:57

Bimas Buddha Target Skor Layanan Publik Tembus Zona Hijau

Jumat, 24 Maret 2017, 00:08

Kemenag Mulai Produksi Film Pendek Bergenre Dakwah

Kamis, 23 Maret 2017, 23:20

Bimas Buddha Tingkatkan Kualitas Penyuluh Non PNS

Kamis, 23 Maret 2017, 11:36

Mgr. Samuel Oton Sidin dipilih Paus Fransiskus Jadi Uskup Keuskupan Sintang

Rabu, 22 Maret 2017, 17:53

Terima Hibah Tanah Dari Pemrov Riau, Kemenag Akan Bangun Asrama Haji