Nasional

Ulama Banten Dukung Perpanjangan PPKM Darurat

KH Embay Mulya Syarief

KH Embay Mulya Syarief

Pandeglang (Kemenag) --- Pemerintah memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat hingga 25 Juli 2021. Salah satu ulama Banten KH. Embay Mulya Syarief mendukung kebijakan tersebut.

“Pemerintah memberlakukan kebijakan PPKM Darurat ini tentu semata-mata untuk menyelamatkan nyawa manusia. Hal itu sesuai dengan ajaran Islam. Dan salah satu prioritas syariat Islam adalah menyelamatkan nyawa manusia yaitu hifzhun nafs,” ujarnya di Pandeglang, Rabu (21/7/2021).

Mantan Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Kabupaten Serang itu juga mengajak masyarakat untuk bersabar. Kebijakan itu diambil karena angka pasien Covid-19 masih sangat tinggi.

“Sebelum Covid-19 ini kita sudah puluhan tahun hidup normal. Mungkin selama hidup norma, kita kurang bersyukur sehingga harus diperingatkan oleh Allah melalui pandemi Covid-19 ini. Karenanya kita harus bersabar dalam usaha dan kemudian juga berdoa,” tutur salah satu pendiri Provinsi Banten itu.

Menurut Ketua Umum Pengurus Besar Mathlaul Anwar itu, usaha tanpa doa adalah sebuah kesombongan. Oleh karena itu dirinya sepakat dengan kebijakan dari pemerintah.

Kiai Embay Mulya Syarif juga berharap kegiatan ekonomi masyarakat bisa diberikan kelonggaran, khususnya bagi pedagang kecil. "Dengan kelonggaran tentunya, tidak harus kaku, tapi dengan sikap yang bijak,” paparnya.

“Berikan penyuluhan kepada masyarakat. Kalau istilahnya Presiden Jokowi, ketika memberikan penyuluhan, sambil bagi-bagi sembako. Atau jangan ada tindakan yang arogan dari para petugasnya,” pungkasnya.


Editor: Moh Khoeron

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua