Sekjen: Kemenag Bentuk Assesment Center Tahun Ini 

Lampung (Kemenag) --- Kementerian Agama menargetkan Assesment Center bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) terbentuk tahun ini. Pernyataan ini disampaikan Sekretaris  Jenderal Kementerian Agama Nizar Ali saat menyampaikan pembinaan bagi ASN Kanwil Kemenag Provinsi Lampung, di Lampung. 

"Target 2021, di Kementerian Agama Pusat akan terbentuknya assesment center. Ke depannya, di setiap Provinsi juga harus memiliki assesment center," tutur Nizar, di Asrama Haji Raja Basa Lampung, Jumat (4/6/2021). 

Dalam pembinaan yang diikuti seluruh ASN Kanwil Kemenag Lampung secara luring dan daring ini, Nizar mengungkapkan pentingnya keberadaan Assesment Center sebagai bagian peningkatan layanan di Kemenag. Menurutnya, perbaikan layanan publik di Kemenag perlu diawali dengan perbaikan kualitas aparat, salah satunya dengan penerapan sistem merit dalam pengelolaan pegawai. 

Karenanya, keberadaan Assesment Center menjadi sebuah keniscayaan untuk mewujudkan sistem merit yang baik. "Sistem merit dalam reformasi birokrasi (RB) dalam Undang-Undang didefinisikan sebagai kebijakan dan manajemen ASN yang berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja, yang diberlakukan secara adil dan wajar dengan tanpa diskriminasi," papar Nizar. 

Nizar menjelaskan, ada tiga komponen reformasi birokrasi yakni kualifikasi, kompetensi dan kinerja. Ketiganya  ini menjadi bagian tanggungjawab individu bagi setiap Aparatur Sipil Negara (ASN). "Ini akan menimbulkan adanya pelayanan prima," tukas Nizar. 

Ia menambahkan, ASN Kemenag juga memiliki tanggung jawab untuk melaksanakan program-program prioritas Kemenag. Salah satunya, penguatan moderasi beragama. 

Untuk menjalankan misi tersebut, Nizar menuturkan, Kemenag akan membekali seluruh ASN nya dengan pelatihan  terkait moderasi beragama. 

"Tahun 2021, semua ASN Kemenag harus mengikuti diklat Moderasi Beragama," kata Nizar. 

Nizar Ali juga menyampaikan bahwa Kemenag pusat akan menyiapkan instruktur, fasilitator, narasumber nasional moderasi beragama. Dan outpunya, akan dibuat modul Moderasi Beragama. Sementara indikatornya adalah komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan, penerimaan terhadap tradisi. 

Kakanwil Kemenag Provinsi Lampung, Juanda Naim mengucapkan selamat datang kepada Sekjen Kemenag Nizar Ali di Sang Bumi Ruwa Jurai. 

"Karena masih di bulan syawwal, kami mengucapkan selamat idul fitri dan minal aidin wal faizin dari 5717 ASN Kanwil Kemenag Lampung, mohon maaf lahir bathin," ucap Juanda Naim.