Nasional

Rektor UIN Palembang: Perkemahan PTK Didesain Perkuat Moderasi Beragama

Rakor Warek II PTKIN membahas penyelenggaraan PWN PTK di Palembang

Rakor Warek II PTKIN membahas penyelenggaraan PWN PTK di Palembang

Palembang (Kemenag) --- Perkemahan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan (PWN-PTK) XV akan digelar 9-14 November 2021. Selaku tuan rumah, Rektor UIN Raden Fatah Palembang, Nyayu Khodijah, mengatakan, PWN PTK akan didesain sebagai wahana memperkuat moderasi beragama dan semangat kebangsaan.

“PWN PTK sangat strategis untuk mendesiminasikan gagasan moderasi beragama untuk mahasiswa dan menguatkan solidaritas,” terang Nyayu Khadijah saat pembukaan Rapat Koordinasi Wakil Rektor/Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama PTKIN Se-Indonesia di Palembang, Selasa (14/9/2021).

PWN PTK XV akan berlangsung di Jakabaring Sport Center (JSC) dan UIN Raden Fatah Palembang. Giat ini akan dihadiri 450 pramuka penegah-pandega PTK se-Indonesia.

“UIN Palembang menjadi tempat dilaksanakan kegiatan, namun kesuksesan kegiatan menjadi tanggung jawab kita bersama,” ungkap Nyayu Khodijah di hadapan 58 WR/WK III PTKIN se-Indonesia.

Gubernur Sumatera Selatan yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan, Rosidin Hasan, mengatakan, Provinsi Sumatera Selatan merasa bangga menjadi tuan rumah pelaksanaan PWN PTK XV.

“Kebanggaan ini dikarenakan atmosfer keberagaman moderasi beragama akan menyala di bumi Sriwijaya. Provinsi Sumatera Selatan menjadi poros keberagaman dalam agenda nasional tersebut,” ungkap Rosidin Hasan.

Kasubdit Sarpras dan Kemahasiswaan Direktorat Diktis Ditjen Pendidikan Islam Ruchman Basori mengatakan berbagai pendekatan dan metode tengah dilakukan untuk mendiseminasikan moderasi beragama, salah satunya melalui PWN PTK.

“Berbagai menu kegiatan PWN PTK diarahkan untuk meningkatkan wawasan dan sikap moderasi beragama, semangat kebangsaan dan Pendidikan anti korupsi,” kata mantan aktivis 1998 ini.

Ruchman menambahkan, dalam PWN juga akan dipecahkan Rekor MURI berupa pembuatan pantun moderasi beragama terbanyak, yang akan ditulis peserta perkemahan dan civitas akademika PTKIN.

Rakor ini dihadiri Wakil Rektor (WR) II UIN Palembang, Abdul Hadi, WR III Hamidah, Kepala Biro AUPK, Karo AAKK Mirwan Fasta, Ketua Forum WR/WK III PTKIN se-Indonesia Sumper Mulia Harahap, dan Waslitev PWN PTK XV 2021. (JUFRIZAL/RB)


Editor: Moh Khoeron

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua