Nasional

Online, Kemenag Buka Pendaftaran Madrasah Young Researchers Supercamp

Myres

Myres

Jakarta (Kemenag) --- Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kemenag akan kembali menggelar Madrasah Young Researchers Supercamp (Myres).

"Pendaftaran ajang tahunan ini dibuka sejak 25 Juni hingga 25 Juli 2021," ujar Kasubdit Kesiswaan, Hj. Nanik Puji Hastuti di Jakarta, Rabu (30/6/2021).

Menurutnyq, Myres merupakan ajang bagi siswa madrasah yang mempunyai minat bakat di bidang penulisan ilmiah untuk menuangkan ide-ide kreatif dan inovatifnya. Sesuai perkembangan usianya, banyak siswa madrasah yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Myres mencoba mengakomodir ide-ide kreatif dan inovatif mereka yang genuine sehingga menjadi karya nyata yang bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

"Alhamdulillah, beberapa karya siswa pemenang Myres telah menjuarai ajang kompetisi di level internasional serta masuk dalam jurnal-jurnal ilmiah internasional," tuturnya.

Penilaian proposal yang masuk, kata Nanik, akan dilaksanakan pada 1 - 7 Agustus. Hasilnya diumumkan pada 10 Agustus. Proposal yang lulus akan diberi kesempatan untuk presentasi pada 15 - 17 Agustus. Hasil presentasi diumumkan pada 31 Agustus.

"Proposal yang terpilih akan diikutkan dalam workshop yang digelar secara daring, 5 - 6 September," jelas Nanik.

Setelah itu, mereka diminta melakukan penelitian. Tim akan melakukan bimbingan dan pendampingan secara daring dalam rentang 10 September sampai 25 Oktober 2021.

"Pengumpulan laporan hasil penelitian pada 31 Oktober untuk dipresentasikan pada 5 - 7 November," ucapnya.

"Myres Expo 2021 dan penganugerahan pemenang akan dilangsungkan pada 9 - 12 November," dan tandasnya.

Myres dilaksanakan sejak tahun 2017. Awalnya, ajang ini bernama Lomba Karya Tulis Ilmiah. Ajang ini diperuntukkan siswa madrasah, baik tingkat Madrasah Tsanawiyah maupun Madrasah Aliyah.


Editor: Moh Khoeron

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua