Lantik Pejabat, Menag: Pastikan Program Prioritas Kemenag Berjalan 

Jakarta (Kemenag) --- Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meminta seluruh pejabat  memastikan program prioritas Kementerian Agama dapat berjalan. Hal ini ditegaskan Menag usai melantik 38 Pejabat Eselon II Kementerian Agama, di Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kementerian Agama, Jakarta. 

“Saya meminta seluruh pimpinan Kementerian Agama baik di pusat hingga daerah, di Kanwil maupun Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri harus bisa memastikan kebijakan program prioritas Kementerian Agama berjalan dengan baik,” tegas Menag, Selasa (18/5/2021). 

Menurut Menag, program prioritas tersebut menggambarkan konfigurasi tugas dan fungsi unit eselon I dan instansi vertikal. Tusi tersebut kemudian dijabarkan menjadi program kerja pada tahun anggaran berjalan.

Adapun program prioritas tersebut meliputi penguatan moderasi beragama, transformasi digital, revitalisasi KUA, Cyber Islamic University, Kemandirian Pesantren, dan religiosity index. 

Khusus terkait penguatan moderasi beragama, Menag juga meminta para pejabat Kemenag agar memiliki kemampuan untuk menjelaskan konsep tersebut kepada umat. “Para pejabat Kementerian Agama harus bisa menjelaskan kepada umat beragama bahwa moderasi beragama bukanlah pendangkalan akidah dan bukan pula sinkretisme pengajaran agama,” pesan Menag. 

“Moderasi beragama memiliki landasan dan legitimasi logis pada semua agama dan memiliki parameter masing-masing,”imbuhnya.

Selanjutnya, Menag juga menekankan pentingnya memiliki kesadaran bahwa jabatan yang diemban adalah amanah, karenanya harus dilaksanakan dengan baik. “Jabatan tidak ada yang kekal. Karenanya, jangan mencintai jabatan secara berlebihan. Tetapi cintailah tugas dan pengabdian. Jangan bersikap aji mumpung dalam jabatan. Tapi bersikaplah hati-hati dan rendah hati,” imbuhnya. 

Berita terkait: Menag Lantik 38 Pejabat Eselon II Kementerian Agama

Pelantikan yang digelar secara luring ini mengangkat 15 Pejabat Eselon II Pusat, dua Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi, dan 21 Kepala Biro pada Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN). Hadir sebagai saksi pelantikan, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi dan  Sekretaris Jenderal Kemenag Nizar. Pelantikan juga dihadiri Pejabat Eselon I, Staf Khusus dan Tenaga Ahli Menteri Agama.