Nasional

Kwarnas: PWN akan Jadi Model Perkemahan Nasional di Masa Pandemi

Audiensi tim PWN PTK ke Kwarnas

Audiensi tim PWN PTK ke Kwarnas

Jakarta (Kemenag) --- Kementerian Agama akan menggelar Perkemahan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan (PWN PTK) Tahun 2021. PWN PTK ke-15 ini akan berlangsung di UIN Raden Fatah Palembang, 9 – 14 November 2021.

Sekretaris Jenderal Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Mayjend Purn. Bachtiar, menilai PWN PTK bisa menjadi model penyelenggaraan perkemahan nasional di masa pandemi. “Pelaksanaan PWN PTK di UIN Raden Fatah Palembang menjadi rujukan dan model perkemahan pramuka secara nasional, saat Covid-19 melanda,” ujarnya saat menerima audiensi Panitia PWN PTK XV 2021, Rabu (27/10/2021) di Ruang Sidang A Lt. II Kwarnas Jakarta.

Bachtiar menegaskan, Kwartir Nasional menyambut baik PWN untuk kalangan mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan di bawah Kemenag. Namun, dia mengingatkan bahwa pelaksanaannya harus memperhatikan protokol kesehatan yang ketat.

“Jangan lupa diurus perizinannya baik dari Gugus Covid-19 Daerah, Polda dan Polri yang ditembuskan kepada BNPB,” pesan Bachtiar.

“Tolong materi-materi wawasan dan moderasi beragama harus dikawal menjadi menu penting pramuka, menghadapi perkembangan dunia global,” sambungnya.

Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Suyitno, mewakili rombongan dari Kemenag mengatakan, PWN PTK menjadi instrumen penguatan nilai-nilai kebangsaan dan moderasi beragama. “Perkemahan yang dirancang secara daring dan lurung harus memberikan manfaat untuk bangsa ini, termasuk dalam mengatasi beban bangsa akibat Covid-19,” katanya.

“Kami berharap Ka Kwartir Nasional Kak Budi Waseso dapat hadir dalam pembukaan bersama Gus Menteri Agama Yaqut Cholil Qaumas,” sambungnya.

Rektor UIN Raden Fatah Palembang, Nyayu Khodijah, menyampaikan kesiapan pelaksanaan kegiatan PWN PTK XV. “Prinsipnya kami sebagai tuan rumah sudah sangat siap menyelenggarakan PWN PTK XV. Kegiatan difokuskan di kawasan Jakabaring Sport City, UIN Raden Fatah dan juga bhakti di sekitar Kota Palembang,” ungkapnya.

Nyayu menambahkan, pramuka harus tetap semangat berkarya dalam situasi dan kondisi apapun.“Perkemahan Wirakarya menjadi piranti para mahasiswa untuk berkarya di tengah pandemi, dan harus memberikan kontribusi positif bagi masyarakat,” tambahnya.

Perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan XV akan digelar di Palembang 9-14 November 2021 dan diikuti oleh 488 peserta dari 65 kontingen PTKI.

Kasubdit Sarpras dan Kemahasiswaan Ruchman Basori melaporkan bahwa PWN PTK akan dilakukan dengan luring dan daring. Ada sejumlah kegiatan bhakti, di antaranya penanaman 5000 pohon, pembutan biopori, donasi buku dan kitab, serta pemecahan rekor MURI Pantun Moderasi Beragama Terbanyak.

Hadir dari Kementerian Agama dalam audiensi ini, antara lain: Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Hamidah, Kasi Kemahasiswaan Amiruddin Kuba, dan Ketua Panitia Kemas Badarudin. Dari Kwarnas hadir, Wakil Ketua Bidang Saka dan Sako, Luthfi Yuniar, Ketua Bidang Luar Negeri Brata Tryana Hardjosubroto, Andalan Nasional Bidang Hubungan Luar Negeri Hendra Henny Andrias, Dewan Kerja Nasional dan fungsionaris Kwarnas lainnya. (RB)


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Istimewa

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua