Daerah

KKN, Mahasiswa UHN IGB Diminta Edukasi Vaksinasi dan Gema Santi

Rektor UHN IGB Sugriwa dan Bupati Klungkung menandatangani nota kesepahaman

Rektor UHN IGB Sugriwa dan Bupati Klungkung menandatangani nota kesepahaman

Semarapura (Kemenag) --- Kalender akademik Universitas Hindu Negeri, I Gusti Bagus (UHN IGB) Sugriwa Denpasar memasuki bulan pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Sebanyak 550 mahasiswa UHN IGB jalani program KKN pada banyak desa di Kabupaten Klungkung, Denpasar, Bali.

Mereka diminta turut mengedukasi masyarakat guna mensukseskan pelaksanaan program prioritas pemerintah di tengah masyarakat Klungkung. "Saya harap mahasiswa UHN IGB Sugriwa yang akan KKN di berbagai desa di Klungkung, dapat membantu masyarakat utamanya mensukseskan program pemerintah yang sedang berjalan," kata Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, di ruang Praja Mandala Kantor Bupati Klungkung, Senin (14/6/2021).

"Terlebih saat ini, dimasa Pandemi Covid-19, pemerintah harus memberi edukasi yang benar kepada masyarakat terkait soal vaksinasi. Ada juga program interpreneur masuk desa, Hidroponik masuk desa, dan sebagainya," sambungnya.

Hal yang tak kalah penting, kata I Nyoman Suwirta, Pemda Klungkung mempunyai program spirit Gema Santi. Gema santi ini merupakan bentuk salam kepada sesama untuk mengajak dan menyuarakan kedamaian.

"Gema Santi merupakan akronim Gerakan Santun dan Inovatif. Ini tidak bisa dilakukan sendiri. Tapi bersama-sama. Adik-adik mahasiswa UHN IGB Sugriwa sangat dibutuhkan perannya dalam sosialisasikan spirit Gema Santi," tandas I Nyoman Suwirta.

Rektor UHN IGB Sugriwa, I Gusti Ngurah Sudiana menyampaikam terimakasih kepada Bupati Klungkung yang telah menerima peserta KKN angkatan-2 UHN IGB Sugriwa.

"Silahkan anak-anak kita ini diberdayakan. Agar mereka bisa mengamalkan ilmu yang didapat di kampus, sekaligus bisa berpartisipasi memberikan edukasi kepada masyarakat," kata I Gusti Ngurah Sudiana.

I Gusti Ngurah Sudiana juga menyampaikan bahwa momentum KKN ini sangat penting bagi mahasiswa dalam menggali pengalaman di tengah masyarakat. Ilmu yang didapat di bangku kuliah, bisa diselaraskan dengan kebutuhan masyarakat.

"Saya harap adik-adik mahasiswa agar menjaga diri, tingkah laku, dan sopan santun di tempat KKN. Jalin kerjasama yang baik dengan desa dan masyarakat. Demikian juga dosen pembimbing agar senantiasa mengawasi dan mengarahkan anak-anak kita," papar I Gusti Ngurah Sudiana.

Ketua LPPM UHN IGB Sugriwa, I Made Sugata, menyampaikan bahwa KKN ke-2 ini melibatkan 550 mahasiswa yang akan berlangsung hingga 31 Agustus 2021. Mereka akan ditempatkan di 40 lokasi, yakni desa dan kelurahan dengan masing-masing lokasi ada 13-15 mahasiswa.

"Selamat berbaur dengan masyarakat, jaga sikap dan nama baik kampus ditempat kalian KKN," tutup I Made Sugata.

Tampak hadir dalam pembukaan pelepasan KKN angkat 2 UHN IGB Sugriwa ini, Wakil Rektor I, I Made Surada, Wakil Rektor III, Ida Bagus Candrawan, Dekan Fakultas Dharma Acarya, I Made Redana, Dekan Fakultas Brahma Widya, I Made Girinata, dan Dekan Fakultas Dharma Duta, I Nyoman Ananda.

Selain itu, hadir juga Direktur Pascasarjana, I Nyoman Alit Putrawan, Korpus Pusdokhumas, I Made Adi Surya Pradnya. Sebagian pejabat dan peserta juga hadir secara daring dan Luring dengan Protokol kesehatan yang ketat.

Pada kesempatan itu dilaksanakan juga penandatanganan MoU antara UHN IGB Sugriwa Denpasar dengan Pemkab Klungkung.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: M Arif Efendi

Daerah Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua