Daerah

Kemenag Dorong Dibentuknya FKUB Pusat

Sekjen Kemenag Nizar

Sekjen Kemenag Nizar

Tegal (Kemenag) --- Kementerian Agama mendorong dibentuknya Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) tingkat pusat demi meningkatkan peran pemberdayaan umat beragama untuk kerukunan dan persatuan di Indonesia.

Hal ini disampaikan Sekjen Kemenag Nizar dalam gelaran Ngombe Teh Tubruk (Ngobrol Bebas demi Tegal Harmonis, Tegal Guyub Rukun) di kota Tegal, Jawa Tengah.

Forum ini dihadiri Kepala Kanwil Kemenag Jawa Tengah Mustain Ahmad, Kepala Kantor Kemenag Kota Tegal Akhmad Farkhan serta tokoh lintas agama, Kamis (23/9/2021).

"Kami merasa terbantu dengan keberadaan FKUB dalam memelihara, merawat dan menjaga kerukunan antar umat bergama. Dalam waktu dekat ini Kementerian Agama akan mengusulkan dibentuknya FKUB tingkat pusat," ujar Nizar.

"Sebab tantangan keberagamaan dan kerukunan akan semakin komplek. FKUB merupakan mitra strategis Kementerian Agama dalam pemberdayaan umat beragama," sambungnya.

Sekjen berharap FKUB di sejumlah daerah di Indonesia dapat terus berinovasi lewat even-even yang bertujuan untuk terus merawat dan menjaga kerukunan umat beragama di Indonesia agar menjadi panutan bagi generasi mendatang.

"Indonesia saja sudah moderat apalagi penduduknya. Bangsa ini berdiri tegak atas komitmen dan perjuangan dari seluruh umat beragama," tandas Sekjen.

Gelaran Ngombe Teh Tubruk (Ngobrol Bebas demi Tegal Harmonis, Tegal Guyub Rukun) di Kota Tegal, Jawa Tengah ini merupakan inisiasi FKUB Kota Tegal dan Kemenag Kota Tegal.

Rangkaian Ngombe Teh Tubruk diawali dengan tetarikal yang diperankan masyarakat Kota Tegal yang berisi pesan Kota Tegal hidup rukun dalam toleransi antar umat bergama yang sudah berlangsung sejak lama.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Rikie Andriyawan

Daerah Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua