Nasional

Dibuka Seleksi Calon Kepala MAN IC Tapanuli Selatan

Direktur GTK Madrasah

Direktur GTK Madrasah

Jakarta (Kemenag) --- Kementerian Agama menggelar rekrutmen terbuka Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Rekrutmen terbuka dilaksanakan secara online mulai tanggal 1 – 8 Oktober 2021 melalui laman https://appmadrasah.kemenag.go.id/seleksiptk.

Rekrutmen Kepala MAN IC Tapanuli Selatan, didasarkan pada Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 2495 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Penerimaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia, Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan, dan Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri.

Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Muhammad Zain mengatakan, rekrutmen terbuka dilakukan untuk mencari Kepala Madrasah yang profesional, kompeten, berintegritas, dan berkomitmen pada prestasi yang akan ditempatkan di MAN IC Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. “Rekrutmen terbuka berlaku bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Kementerian Agama,” kata Zain, di Jakarta, Kamis (30/9/2021).

Dikatakan Zain, di era revolusi industri 4.0 dan era post truth, calon Kepala MAN IC harus mampu bekerja sesuai dengan zaman yang serba digital dan menguasai informasi. Menurutnya, kepala madrasah sebagai seorang pemimpin harus mampu mengubah mindset dan bekerja dengan cara yang berbeda.

"Barbara Kellerman dalam buku yang berjudul The End of Leadership, menyebutkan bahwa kepemimpinan di era digital sudah sangat berbeda dengan kepemimpinan 40 tahun yang lalu. Leadership sekarang semakin "melemah" sedang follower, pengikut atau bawahan semakin menguat. Siapa yang menguasai informasi, maka dia yang memiliki power. Kepala madrasah harus menguasai informasi, agar mereka memiliki power," pungkas Zain.

Kasubdit Bina GTK MA/MAK M. Sidik Sisdiyanto menambahkan, selain sebagai PNS di lingkungan Kementerian Agama, calon Kapala MAN IC juga harus memiliki pengalaman manajerial sebagai wakil kepala madrasah paling singkat dua tahun dan memiliki sertifikat pendidik.

Ada beberapa tahapan yang harus dilalui peserta seleksi Kepala MAN IC Tapanuli Selatan. Pertama, seleksi administrasi. “Seleksi administrasi dilakukan oleh tim yang dibentuk Direktorat Jenderal Pendidikan Islam untuk menilai kelengkapan dokumen yang dikeluarkan oleh pihak yang berwenang sebagai bukti bahwa calon bersangkutan telah memenuhi persyaratan administratif yang telah ditentukan,” jelas Sidik.

Kedua, peserta yang lulus seleksi administrasi akan mengikuti seleksi substansi. “Seleksi substansi ini meliputi tes akademik berupa tes Pengetahuan Agama Islam, tes Kemampuan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris, dan tes Kompetensi Kepala Madrasah. Selanjutnya tes potensi kepemimpinan dan wawancara, serta psikotes,” pungkas Sidik.

Kepala Seksi Bina Tendik MA/MAK Rusdi Batun menambahkan, seleksi penerimaan Kepala MAN IC Tapanuli Selatan, Sumatera Utara dilaksanakan di seluruh lokasi MAN IC se-Indonesia.

"Pendaftaran online dibuka dari 1 sampai 8 Oktober 2021. Hasil seleksi administratif akan diumumkan pada 12 Oktober 2021. Seleksi Akademik Online (CBT) dilaksanakan pada 20 Oktober 2021, sedangkan wawancara akhir dilaksanakan 30 Oktober 2021," jelas Rusdi.

Rusdi menyampaikan, seluruh informasi perkembangan proses seleksi ditayangkan melalui laman https://appmadrasah.kemenag.go.id/seleksiptk.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Solla Taufiq

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua