Wisuda Angkatan ke-30, Ini Deret Prestasi Siswa MAN 2 Kota Malang

Malang (Kemenag) --- Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Malang, menggelar Wisuda ke 30 tahun akademik 2021/2022 di Malang, di Gedung Graha Cakrawala, Kamis (9/6/2022). Acara ini mengangkat tema 'Membangun Generasi Mandiri, Unggul, Kompetitif dan Berakhlakul Karimah di Era Global'. 

Kepala MAN 2 Kota Malang, Muhammad Husnan, menilai prestasi yang diraih angkatan ini luar biasa. Para lulusan banyak yang diterima pada perguruan tinggi negeri melalui jalur undangan. 105 siswa MAN 2 Kota Malang, diterima pada perguruan tinggi negeri besar yang ada di Indonesia. 

"Ini prestasi bagus, jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya hanya 82 siswa (yang diterima pada perguruan tinggi). Angkatan 30 ini luar biasa, masih banyak prestasi lagi," jelasnya. 

Bahkan, empat siswa MAN 2 Kota Malang berhasil mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Mereka adalah Mohammad Ismu Daud mendapat beasiswa di Toronto, Hilman AS mendapatkan beasiswa di Singapore, Fitra Hasanata mendapatkan beasiswa di Canada, dan Afifudin mendapatkan beasiswa di Singapore.

"Ada juga prestasi yang selama ini diraih dengan torehan 453 medali, tingkat internasional ada 17, tingkat nasional 436," jelasnya.

Belum cukup itu, raihan prestasi pada olimpiade matematika juga mengharumkan nama MAN 2 Kota Malang dan juga Kemenag Kota Malang. Bukan hanya prestasi akademik, para siswa MAN 2 Kota Malang juga banyak yang berprestasi pada bidang non akademik, khususnya bidang olahraga. 

"Prestasi tidak hanya pada bidang sains, tapi merambah pada prestasi non akademik. Ada dari basket, atletik, tenis meja, hingga bidang robotik," ujarnya.

Koordinator Pelaksana Wisuda, Ahmad Thohir Yoga, menambahkan, dalam wisuda angkatan 30, pihaknya memberikan reward dan penghargaan kepada siswa berprestasi pada beberapa kategori, mulai dari kategori peraih nilai tertinggi peminatan, kategori program Tahfidz, kategori siswa teladan dan kategori peraih nilai TOEFL tertinggi.

Pada wisuda angkatan ke 30 ini, terdapat 358 siswa yang diwisuda. Jumlah tersebut terbagi dalam beberapa peminatan; IPA 237 siswa, IPS 68 siswa, Bahasa 30 siswa dan Agama 23 siswa.

Berbeda dengan sebelumnya, pelaksanaan wisuda kali ini tidak lagi di sekolah, melainkan di gedung Graha Cakrawala. "Semua begitu enjoy, begitu senang. Nggak sumpek tempatnya, nggak macet," terang pria yang juga wakil Kepala Madrasah Bidang Jumas dan Kerjasama ini.