Widi Astiyono, Wakil Kemenag Masuk Enam Besar Seleksi ASN Inspiratif

Jakarta (Kemenag) --- Wakil Kementerian Agama, Widi Astiyono, lolos Seleksi Tahap Verifikasi Lapangan Anugerah ASN untuk Kategori ASN Inspiratif tahun 2021. Ada enam ASN yang lolos seleksi dan berhak ikut dalam Seleksi Tahap III berupa verifikasi lapangan.

Hasil seleksi ini diumumkan melalui Surat Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Aparatur Alex Denni tertanggal 1 Desember 2021. Pada tahap berikutnya, panitia akan melakukan Seleksi Wawancara (Dilakukan Secara Offline) sesuai mekanisme atau alur proses penyelenggaraaan Kegiatan Anugerah ASN Tahun 2021.

“Selamat atas lolosnya Widi Astiyono, Wakil Kementerian Agama hingga masuk tahap wawancara seleksi Anugerah ASN Inspiratif 2021. Saya berharap ini dapat menjadi inspirasi bagi ASN Kemenag lainnya,” terang Direktur Urusan dan Pendidikan Agama Buddha Supriyadi di Jakarta, Rabu (1/12/2021).

Menurutnya, Widi Astiyono tercatat sebagai Guru Pendidikan Agama Buddha yang bertugas di SDN Plososari, Patean, Kendal-Jawa Tengah. Widi selama ini dikenal konsisten dalam menjalankan tugasnya. Ia mengawali karier sebagai guru sejak tahun 1999 sebagai guru tidak tetap atau guru wiyata bakti pada dua sekolah sekaligus, yaitu SDN 2 Plososari Kecamatan Patean (tempat tugas saat ini)  dan SMPN 1 Patean. 

Mengabdi sebagai guru wiyata bakti di SD, waktu itu sama sekali tak ada honor. Dia hanya mendapat honor sebesar Rp25.000,00 dari SMP. Namun, hal itu tidak menyurutkan semangatnya.

Kehidupan Widi mulai membaik ketika pada 2004 mendaftar tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)  untuk formasi Guru Pendidikan Agama Buddha melalui Kantor Departemen Agama Kabupaten Kendal. Dia dinyatakan lulus tes CPNS, dan mulai 1 Januari 2005 ditugaskan sebagai Guru Pendidikan Agama Buddha di SDN 2 Desa Plososari, Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah. 

Selama lebih lima belas tahun menjadi guru, ia menorehkan berbagai prestasi. Misalnya, Peringkat 1 Guru Berprestasi dalam Bidang Pembuatan Bahan Ajar Berbantuan Komputer Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2010, dan Peringkat 2 Lomba Pengembangan Multimedia Pembelajaran Tingkat Jateng dan D.I. Yogyakarta Tahun 2010. Atas raihan tersebut Kang Widi Menerima Piagam dan Medali Penghargaan dari Bupati Kendal sebagai Insan Berprestasi dalam Bidang Pendidikan 2011.

Berikut daftar peserta yang masuk enam besar seleksi ASN Inspiratif 2021: (urut abjad)
1. Dwinanda Ardhi Swasono Kementerian Keuangan Jakarta
2. Farchan Noor Rachman Kementerian Keuangan Jakarta
3. Firman Hadiansyah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Serang
4. Nanang Victor Hambali Kementerian Keuangan Bandung
5. Rinawati Kementerian Kesehatan Senen
6. Widi Astiyono Kementerian Agama Kendal