Nasional

Wapres Dorong Pemuka Agama Dunia Promosikan Perdamaian

Jakarta, 14/8 (Pinmas) - Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla mendorong pemuka-pemuka agama dunia untuk lebih proaktif menciptakan perdamaian dunia karena mereka memiliki potensi besar untuk itu. "Mereka (para pemuka agama itu) dapat mendorong terciptanya perdamaian dunia," kata Wapres saat membuka "World Peace Forum" di Jakarta, Senin petang. Oleh karena itu, Kalla melanjutkan, dirinya sangat mengapresiasi inisiatif Muhammadiyah menghimpun kalangan agamawan dunia, pimpinan politik dan akademisi mancanegara untuk saling berkomunikasi dan bertemu mempromosikan perdamaian dunia.

Dalam kesempatan itu Wapres mengatakan bahwa konflik bisa dengan mudah membesar tapi juga bisa dengan cepat diredam. Menurut Wapres konflik dimana pun selalu bersumber pada ketidakadilan politik, ekonomi, dan sosial.Karenanya, ia melanjutkan, "Jika kita bisa mengatasi hal-hal itu dan menjadikannya harmonis maka perdamaian bukan mustahil terwujud". Sementara itu, Ketua Umum PP Muhammadiyah Dr.Din Syamsuddin mengatakan keadilan dan kesejahteraan dunia masih jauh dari harapan dan realitas.

"Karenanya setiap orang bertanggung jawab demi terciptanya perdamaian dunia", katanyaIa berpendapat koalisi global sangat diperlukan untuk membangun peradaban dunia yang damai dan Muhammadiyah siap memeloporinya. Dalam acara yang dihadiri Ketua DPR Agung Laksono, Wakil Ketua MPR Mooryati Soedibyo, dan sejumlah menteri di antaranya Mendiknas Bambang Sudibyo serta sejumlah dubes negara sahabat disajikan atraksi seni perpaduan tiga budaya, yaitu barongsai, reog dan sisingaan. Acara tersebut juga diwarnai dengan konser musik perdamaian oleh Dwiki Darmawan serta artis Ita Purnamsari, Iyeth Bustama, dan Nufi.(Ant/Ims)

Tags:

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua