Wamenag: MTQ Ajarkan Kita Senantiasa Dekat dengan Al-Qur'an

Banjar (Kemenag) --- Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi mengatakan pemerintah berkomitmen memberikan bimbingan dan fasilitasi bagi pengembangan Musabaqah TilawatilTikawatil Qur'an (MTQ) dan berbagai perangkatnya agar lebih baik lagi di masa depan. 

Hal ini disampaikan Wamenag Zainut Tauhid Sa'adi saat menutup MTQ Tingkat Nasional XXIX Tahun 2022 di Astaka Utama Kiram Park, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan. 

"Kita tentu bangga dengan hadirnya LPTQ, pesantren, lembaga tahfidz dan sejenisnya yang begitu luar biasa menjadi rumah bagi generasi masa depan kita," ujar Wamenag, Selasa (18/10/2022) malam. 

"Juga para dewan hakim yang terus melakukan pengkaderan dan pembinaan. Semua itu adalah bagian dari langkah kita bersama dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan MTQ," sambungnya. 

Prosesi penutupan MTQ Nasional ke-29 ditandai penekanan tombol sirine oleh Wamenag didampingi Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, dilanjutkan pelepasan kembang api. 

Ditambahkan Wamenag, Musabaqah Tilawatil Qur’an adalah bagian dari cara kita mengenalkan, mendekatkan, dan mendalami spirit Al-Qur’an di tengah kehidupan berbangsa dan bernegara. 

"Jika kita lihat lebih jauh, seluruh proses yang dilibatkan dalam rangkaian MTQ dari tingkat kecamatan hingga nasional, bahkan internasional, sangat berkaitan erat dengan langkah kita dalam pembangunan nasional," tegas Wamenag. 

Pembangunan, lanjut Wamenag, meniscayakan kesiapan SDM yang berkarakter, berwawasan luas, dan kompeten. Ketiganya telah diperankan dalam setiap event MTQ. Para calon pemimpin masa depan dibekali dengan wawasan Al-Qur’an dan ditempa dengan spirit keberislaman yang moderat.

"Event MTQ tidak hanya dalam perspektif seremonial. Jauh dari itu, sportivitas, kerja sama, saling menghormati, saling membantu dan saling merangkul adalah karakter MTQ yang menjadi nilai agung bagi setiap kita. Bahwa MTQ mengajarkan kita untuk senantiasa dekat dengan Al-Qur’an dan menjabarkannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,"  terangnya.

"Atas nama pemerintah, kami mengucapkan selamat kepada seluruh kafilah dan terima kasih kepada seluruh panitia, official, para pendukung acara dan seluruh pihak yang terlibat. Semoga Allah Swt memberkahi Bapak/Ibu semuanya atas dedikasi dan pengorbanannya menyukseskan MTQN XXIX," tutup Wamenag.