Wamenag Harap UM PTKIN Jaring Putra-Putri Terbaik Bangsa

Solo (Kemenag) --- Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Saadi hari ini memantau pelaksanaan Ujian Mandiri Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) di UIN Raden Mas Said Surakarta. Wamenag berharap tahap ini dapat menjaring putra-putri terbaik bangsa. 

"Saya ingin mengingatkan kembali keinginan Pak Menteri Agama, bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk menjaring putra putri terbaik bangsa agar nantinya bisa melanjutkan pendidikannya di PTKIN," Kata Zainut Tauhid. 

Untuk menghasilkan calon terbaik, Wamenag pun berharap seleksi dilaksanakan secara baik juga. "Calon terbaik ini tentunya menjadi modal dasar untuk menciptakan pemimpin bangsa yang akan datang. Tentu salah satu indikasinya melalui output, namun awalnya juga harus baik. Harus bisa menunjukan kualitasnya di awal," ungkapnya. 

Meski demikian, proses pengkaderan  tak bisa hanya berhenti pada tahap seleksi. Karena seleksi itu tahap awal saja. PTKIN harus mampu memprosesnya melalui pembelajaran yang baik, dengan menunjukan prestasi dan kualitas pendidikan. 

"Dan yang paling penting, seperti arahan pak Menag bahwa dalam menciptakan puta-putri terbaik bangsa, PTKIN harus mampu menjadi lembaga yang adil dan tidak membeda-bedakan, baik dari ras, suku dan latar belakang sosial. Karena semua memiliki kesempatan yang sama," ungkapnya. 

Wamenag bersyukur karena minat masyarakat kepada PTKIN terus membesar. Setiap tahun peminatnya semakin bertambah. Hal ini pun menuntut PTKIN sebagai penyelenggara  untuk dapat mengoptimalkan potensi yang ada agar masyarakat meresa tidak sia-sia menitipkan putra-putrinya. 

PTKIN ke depan harus mampu membangun ekosistem proses penjaringan hingga pembelajaran bisa terjamin dengan baik. Sehingga, kualitas juga ikut membaik dan menghasilkan orang-orang yang tidak hanya pintar dan pandai namun juga bermanfaat bagi masyarakat dan bangsa. 

"Saya apresiasi kepada seluruh panitia dan para rektor dalam persiapan pelaksanaan UM PTKIN ini yang hingga saat ini dilakukan dengan baik. Semoga apa yang bapak ibu lakukan mampu meberikan dan dirasakan baik juga oleh masyarakat," tutupnya.