Nasional

Wamenag Harap Program Santri Developer Kebangsaan Lahirkan Gus Iwan

Penabuhan rebana tanda dibukanya BTN Santri Developer Kebangsaan Batch 2 di Pesantren KHAS Cirebon

Penabuhan rebana tanda dibukanya BTN Santri Developer Kebangsaan Batch 2 di Pesantren KHAS Cirebon

Cirebon (Kemenag) --- Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa'adi berharap program yang digagas NU Circle bersama Bank Tabungan Negara (BTN) bisa melahirkan Santri Bagus Pintar dan Wirausahawan (Santri Gus Iwan).

Pesan ini disampaikan Wamenag saat memberikan sambutan pada Opening Ceremony, BTN Santri Developer Kebangsaan Batch 2, di Pesantren KHAS Cirebon, Sabtu (29/1/2022). "Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin sering menyampaikan bahwa pesantren bisa menjadi pusat pemberdayaaan ekonomi Indonesia selain pusat pencetak ulama," ujarnya.

Wamenag menjelaskan bahwa program BTN Santri Developer Kebangsaan merupakan program santripreneur yang akan mendorong santri dan pesantren turut berkontribusi aktif menekan angka kemiskinan di masyarakat dan meningkatkan indeks Pembangunan Manusia (IPM) melalui penguatan kemandirian dan kewirausahaan. "Tidak dapat dipungkiri, di berbagai bidang, banyak keterlibatan kaum santri dalam membangun bangsa," kata Wamenag.

Dijelaskan Wamenag, peran santri sangat besar semenjak pergerakan memperjuangkan merebut kemerdekaan, pembangunan, dan membentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia. "Kaum Pesantren memiliki keinginan kuat menanamkan konsep untuk membangun bangsa. Santri siap mendedikasikan dirinya untuk kepentingan masyarakat. Di mana terlihat, banyak santri memposisikan diri di berbagai bidang, kali ini membangun dalam bidang properti," jelas Wamenag.

Bahkan, lanjut Wamenag, seiring perkembangan zaman, kaum santri patut bersyukur dengan adanya UU Pesantren. Sebagai afirmasi bagi pesantren, guna memperkuat santri dalam pembangunan nasional.

"Saya berharap pelatihan ini banyak melahirkan usahawan, yang berpartisipasi dalam membangun masyarakat. Apresiasi kepada BTN, NU Circle dalam mendukung acara ini, dalam membangun masyarakat dan bangsa," tutupnya.

Pengasuh Ponpes KHAS Cirebon, KH Musthofa Aqil Siroj, menyampaikan terima kasih kepada semua khalayak yang terlibat dalam acara Opening Ceremony, BTN Santri Developer Kebangsaan Batch 2, yang diselenggarakan di Pesantren KHAS Cirebon.

Opening Ceremony, BTN Santri Developer Kebangsaan Batch 2 ditandai dengan penabuhan rebana bersama-sama. Tampak hadir Dirut Bank BTN, Haru Koesmahargyo, Ketum NU Circle, Gatot Priyo Utomo, perwakilan ulama dan pengusaha lintas agama.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Fadhlillah Hafizhan M

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua