Nasional

Wamenag Harap DMDI Aktif Rekatkan Persatuan Bangsa Melayu dan Umat Islam

Wamenag menghadiri Rakernas DMDI 2022 di Jakarta (Minggu, 5 Juni 2022)

Wamenag menghadiri Rakernas DMDI 2022 di Jakarta (Minggu, 5 Juni 2022)

Jakarta (Kemenag) --- Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa'adi berharap Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) berperan aktif dan kontributif dalam merekatkan persatuan bangsa Melayu dan umat Islam. Hal itu ia sampaikan dalam acara DMDI 2022 di Jakarta.

"Perkumpulan DMDI diharapkan berperan aktif dan kontributif dalam merekatkan persatuan bangsa Melayu dan umat Islam di kawasan ini, membela harkat-martabat kemanusiaan, mengangkat taraf hidup mereka yang lemah dan miskin, serta menyerukan perdamaian yang berlandaskan kemerdekaan dan keadilan sosial," jelas Wamenag, Minggu (5/6/2022).

DMDI merupakan organisasi yang berdiri sejak tahun 2000 dengan visi menyatukan umat muslim bangsa Melayu yang tersebar di seluruh dunia. Sampai saat ini, anggota DMDI tersebar di 29 negara.

"Bangsa Melayu dan Umat Islam yang terpecah-belah dan memelihara konflik, berrisiko mengalami keterpurukan dan kemunduran peradaban. Potensi dan energi umat Islam tidak boleh habis digerus persoalan-persoalan yang tidak prinsipil dan tidak substantif," ujar Wamenag.

Wamenag melanjutkan bahwa peradaban Melayu-Islam sepanjang sejarah telah memberi sumbangan berharga bagi peradaban dunia. Hal itu diharapkan berkesinambungan di era peradaban dunia masa depan yang dipengaruhi teknologi digital.

Turut hadir dalam acara ini, Gubernur Jambi Al Haris, Sekda Sumatera Barat yang mewakili Gubenur Sumatera Barat Han Sastri, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, Presiden DMDI Sultan Malaka Tun Seri Setia Ali Rustam, serta Wakil Presiden DMDI Indonesia Syafrudin.

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua