Daerah

UPZ dan KUA di Rembang Distribusikan Zakat ke Ratusan Mustahik

Distribusi zakat oleh UPZ Kemenag Rembang

Distribusi zakat oleh UPZ Kemenag Rembang

Rembang (Kemenag) --- Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kemenag Kabupaten Rembang menggandeng KUA dan para Penyuluh Agama Islam Honorer (PAH) untuk mendistribusikan dana zakat. Sebelumnya dilakukan proses seleksi mustahik yang akan menerima zakat.

“Penyuluh Agama Islam adalah garda terdepan Kementerian Agama Kabupaten Rembang di tingkat Kecamatan. PAH ini tentunya sangat mengerti kondisi masyarakat karena sehari-hari bersentuhan langsung dengan warga. Karena itu, kami minta PAH untuk menyeleksi mustahiq di masing-masing wilayah KUA,” kata Penyelenggara Zakat dan Wakaf Kemenag Rembang, Sri Farida Ristiyana, di Rembang, Jumat (4/2/2022).

Pendistribusian zakat ini bersumber dari zakat ASN Kemenag Rembang yang terhimpun pada September – Desember 2021. Total ada 679 paket zakat yang dibagikan kepada mustahik. Masing-masing paket sembako senilai Rp150 ribu. Sehingga totalnya mencapai sekitar Rp101 juta.

Sebanyak 679 paket zakat tersebut didistribusikan selama dua hari, 3 – 4 Februari 2022. Penyaluran ini dilepas secara simbolis oleh Kepala Kankemenag Kabupaten Rembang, M. Fatah dari halaman kantor. Diangkut dengan tiga armada truk, ratusan paket tersebut bertolak ke 15 wilayah KUA se-Kabupaten Rembang, MIN 1 Rembang, dan MIN 2 Rembang.

PAH KUA Kecamatan Sluke Fatkhur Rokhim menyambut baik adanya distribusi zakat bagi mustahik. Menurutnya, para mustahik memang sangat membutuhkan. Ada di antara mereka yang hidup sebatang kara dan kondisinya juga memprihatinkan.

“Ketika kami menyerahkan zakat dari UPZ Kemenag Rembang, banyak mustahiq terharu sambil terisak tangis. Banyak di antara mereka yang menceritakan nasib hidupnya. Ada yang sebatang kara tanpa sanak saudara, orang tua, suami, anak, dan saudara kandung telah tiada,” kisah Fakhur.

Ada juga mustahik yang menderita kebutaan. Dia memiliki anak laki-laki, namun mengalami keterbelakangan mental.

Selain mendistribusikan zakat, Fatkhur juga memberikan pembinaan mental. “Semoga Ibu kuat menjalani kehidupan dan semoga penyakitnya segera diangkat dan disembuhkan oleh Allah Swt,” pesan Fatkhur.

Kehadiran PAH Kemenag Rembang mendistribuskan zakat menjadi kebahagiaan tersendiri bagi para mustahik. Mereka menyampaikan terima kasih dan mendoakan agar orang-orang yang telag berzakat mendapatkan balasan setimpal dari Allah. (Shofatus Shodiqoh)


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Istimewa

Daerah Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua