Internasional

UIN Malang Gelar Konferensi Internasional Cendekiawan Islam

Jakarta (Pinmas) —- Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim (Maliki) Malang akan menggelar International Conference of Islamic Scholars (ICIS). Konferensi internasional pada 23 – 25 November ini diselenggarakan atas kerjasama ICIS, Kementerian Agama, Kementerian Luar Negeri, UIN Maliki Malang, dan Jam’iyyah Ahl al-Thariqah al-Mu’tabarah al-Nahdliyyah (Jatman).

Panitia ICIS UIN Malang melalui rilis pada Minggu (15/11) lalu, menjelaskan bahwa penyelenggaraan konferensi bertujuan meneguhkan Islam rahmatan lil alamin; Islam sebagai agama rahmat bagi seluruh jagat, tidak hanya manusia yang beragam etnis, bahasa dan agama, tetapi juga makhluk lainnya. “Rahmatan lil alamin adalah bahasa pilihan Al Quran yang bersifat all embracing, universal, dan beyond sectarianism,” tulisnya.

Konferensi ini juga bertujuan memperkuat pemahaman Islam yang moderat dan toleran, mewujudkan sistem pendidikan yang memadukan fikir dan zikir, membuka jaringan ulama dan pemikir Islam dunia, serta menemukan titik persamaan perjuangan dalam menatap masa depan dan dunia global.

Sebelumnya, Sekjen ICIS KH Hasyim Muzadi mengaku prihatin dengan terjadinya konflik antar negara, terutama di Timur Tengah. Termasuk juga munculnya gerakan ekstrimisme dan terorisme yang dikomandoi pihak-pihak yang mengatasnamakan Islam. Pada saat yang sama, konflik internal umat Islam, Sunny – Syiah juga tak kunjung reda.

“Umat Islam Indonesia, mulai dari cendekiawan, ulama, dan para sufi harus tampil ke depan untuk membendung gerakan ekstrimisme dan terorisme tersebut melalui gerakan desiminasi Islam moderat, Islam yang rahmatan lil alamin menuju perdamaian dunia,” demikain dijelaskan dalam rilis yang berjudul Meneguhkan Islam Rahmatan Lil Alamin Menuju Perdamaian Dunia.

Konferensi internasional ini rencananya akan diikuti 500 peserta dari 32 negara, antara lain: Amerika, Jerman, Itali, Ukraina, Arab Saudi, Mesir, Syiria, Lybia, Yaman, Libanon, dan beberapa negara Asia. Adapun tema yang diangkat adalah: “Upholding Islam as Rahmatan Lil ‘Alamin: Capitalizing Spiritually and Intelectuality Toward Better Life of Human Being”.

Konferensi ini rencananya akan dibuka Presiden Joko Widodo dan ditutup oleh Wapres Jusuf Kalla. Dijadwalkan akan hadir juga dalam konferensi ini, Abdullah Ahmad Badawi (Malaysia) dan Sultan Hasanal Bulkiah (Brunei Darussalam).

Dalam konferensi internasional ini, dijadwalkan akan dilakukan deklarasi “Malang Message” tentang pesan Islam moderat yang penuh kedamaian. Juga deklasari UIN Maliki Malang menuju World Class University. (mkd/mkd)

Tags:

Internasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua