UHN IGB Sugriwa Siapkan Mahasiswa Prodi Brahma Widya Sebagai Duta Moderasi Beragama

Denpasar (Kemenag) --- Rektor Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus (UHN IGB) Sugriwa, I Gusti Ngurah Sudiana meminta civitas akademika Program Studi Brahma Widya mengambil tempat terdepan dalam penguatan moderasi beragama (MB). Mahasiswa Prodi ini harus bisa menjadi duta moderasi beragama.

Hal ini ditegaskan I Gusti Ngurah Sudiana dalam Webinar Nasional Prodi Magister Brahma Widya UHN IGB Sugriwa. Giat ini mengusung tema "Internalisasi Nilai-nilai moderasi beragama pada Mahasiswa Hindu melalui ilmu Brahma Widya".

“Saya meminta seluruh civitas akademika UHN IGB Sugriwa memberi contoh perilaku moderasi beragama di masyarakat, terlebih mahasiswa Prodi Brahma Widya,” kata I Gusti Ngurah Sudiana di Denpasar, Kamis (3/6/2021).

I Gusti Ngurah Sudiana menyampaikan bahwa program Kementerian Agama dengan membentuk rumah moderasi beragama di setiap kampus memililki tujuan untuk mengimplementasikan nilai-nilai moderasi beragama yang sangat penting bagi keharmonisan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sebagai salahsatu wujud komitmen terhadap program moderasi beragama, pada 21 April 2018, UHN IGB Sugriwa mendeklarasikan sebagai kampus kerukunan. Sebab, nilai-nilai moderasi beragama dalam ajaran Hindu itu sangat banyak, bahkan telah mendunia.

“Saya berharap, civitas akademika UHN IGB Sugriwa terus menggelorakan moderasi beragama di mana pun berada,” harapnya.

Dirjen Bimas Hindu, Tri Handoko berharap webinar nasional ini mampu meningkatkan literasi, khususnya bagi umat Hindu. Sebab, tanpa literasi yang memadai, maka moderasi beragama hanya menjadi sesuatu yang semu.

Prodi Brahma Widya UHN IGB Sugriwa menurut Tri Handoko sangat strategis, karena secara langsung bisa memberikan contoh moderasi beragama kepada mahasiswa. “Saya berharap Prodi Brahma Widya menjadi lokomotif dalam memahami dan memberi pemahaman tentang moderasi beragama kepada khalayak,” kata Tri Handoko.

Tidak hanya itu, lanjut Tri Handoko, sebagai Dirjen Bimas Hindu menaruh harapan besar kepada lulusan Prodi Magister Brahma Widya UHN IGB Sugriwa agar juga bisa menelurkan pemikiran-pemikiran yang bisa menjadi panduan bagi masyarakat atau umat, termasuk dalam membina kerukunan antar umat beragama.

“Saya berharap mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa, bisa menjadi lentera dalam kegelapan ditengah masyarakat,” tutup Tri Handoko.