Turunkan Tim Media Center Haji, Sekjen: Harus Edukasi Masyarakat

Jakarta (Kemenag) --- Kementerian Agama tahun ini kembali menurunkan tim Media Center Haji (MCH) dalam penyelenggaraan haji 1443 H / 2022 M. Sekjen Kemenag RI Nizar mengatakan Media Center Haji (MCH) adalah pusat kegiatan peliputan, informasi dan publikasi tentang kegiatan penyelenggaraan ibadah haji, baik di tanah air maupun di Arab Saudi. 

"Keberadaan MCH diharapkan menjawab ekpektasi terkait layanan informasi, konfirmasi dan edukasi publik," kata Nizar saat membuka kegiatan Edukasi Media Center yang digelar secara luring dan daring dari di Kantor Kementerian Agama Jalan Lapangan Banteng Barat No3-4 Jakarta Pusat, Rabu (25/5/2022).

MCH 2022 terdiri dari para jurnalis yang berasal dari media nasional, media komunitas, serta tim Humas Kemenag. Tim ini akan bertugas di tiga Daerah Kerja (Daker), yakni: Makkah, Madinah dan Bandara, dengan masa tugas selama 62 sampai 74 hari. 

"MCH selama ini terbukti berperan penting dalam proses penyelenggaraan ibadah haji. Sukses layanan informasi pada peristiwa jatuhnya crane dan desak-desakan jemaah di Mina pada 2015 misalnya, tidak terlepas dari peran penting MCH," sambungnya.

Tampak hadir dalam pembukaan Edukasi Media Center, Kapuskes Haji Budi Syilvana, Direktur Bina Haji Arsyad Hidayat, Stafsus Menag Wibowo prasetyo dan Koordinator Humas Biro HDI Ubaidillah Marsan.

Ia menambahkan haji 2022 digelar dalam suasana pandemi. Selain itu diperkirakan haji tahun ini juga dalam cuaca yang sangat panas. Keberadaan MCH sangat penting dalam mengedukasi jemaah beserta keluarganya akan pentingnya kepatuhan terhadap protokol kesehatan dan disipilin dalam perilaku hidup sehat.