Nasional

Transformasi Layanan Umat, Plt Kabalitbang: Widyaiswara Jadi Prioritas Pengembangan Diri

Ngobrol Pelatihan dan Inovasi (NGOPI), di Ciputat, Senin (3/1/2022). 

Ngobrol Pelatihan dan Inovasi (NGOPI), di Ciputat, Senin (3/1/2022). 

Ciputat (Kemenag) --- Kementerian Agama telah menetapkan tagline “Transformasi Layanan Umat” dalam peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-76. Untuk mewujudkan hal tersebut, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Litbang dan Diklat (Kabalitbang) Kemenag Abu Rokhmad menekankan pentingnya transformasi sumber daya manusia.

Karenanya, Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) memiliki peran strategis untuk menyiapkan SDM Kemenag. “Karena model dan kompetensi pegawai dibentuk di Pusdiklat. Untuk itu Pusdiklat harus berbenah menyiapkan jenis pelatihan dan widyaiswara,” ungkap Abu Rokhmad pada acara Ngobrol Pelatihan dan Inovasi (NGOPI), di Ciputat, Senin (3/1/2022).

"Saya ingin memberikan penekanan, terutama dalam pengembangan kompetensi widyaiswara. Mereka harus mendapatkan prioritas untuk mengembangkan diri dan juga dikembangkan, karena mereka adalah pengajar para guru, orang-orang yang melatih guru," imbuhnya.

Dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Pusdiklat Teknis ini Abu menuturkan keberhasilan Pusdiklat melakukan transformasi akan berdampak besar bagi perubahan di Kemenag. Pria yang juga Guru Besar UIN Semarang ini meminta agar ke depan ada program khusus untuk meningkatkan kompetensi widyaiswara karena mereka adalah pusat dari beragam macam perubahan.

"Model Kementerian Agama ini sebenarnya dibentuk di Pusdiklat, karena ini adalah tempat melakukan transformasi dalam berbagai bentuknya, tempat mengubah diri dan organisasi," tambahnya.

Untuk mengawali ini, Abu meminta agar para widyasiwara bangga dengan profesinya, bangga dengan tugasnya. "Saya meminta kepada para widyaiswara agar bangga dengan profesinya. Bapak dan Ibu widyaiswara adalah orang-orang yang memiliki tugas mulia karena bertugas mengembangkan kompetensi SDM," tambahnya.

Selain Plt. Kepala Balitbang Diklat, acara juga dihadiri Staf Khusus Menteri Agama bidang Media dan Komuniskasi, Wibowo Prasetyo. Acara NGOPI berlangsung dengan gayeng, dipandu oleh Kepala Pusdiklat Teknis, Imam Safe'i, dihadiri semua pejabat struktural, pejabat fungsional, dan pelaksana pada Pusdiklat Teknis. [beta]


Editor: Indah
Fotografer: Istimewa

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua