Tranformasi Digital, Kemenag Rilis Aplikasi E-Dupak Prahum

Jakarta (Kemenag) --- Biro Humas Data dan Informasi (Biro HDI) Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (Setjen Kemenag) merilis aplikasi Elektronik Daftar Usulan Penetapan Angka Kredit bagi Pranata Humas. Aplikasi yang disebut dengan E-Dupak Prahum ini bertujuan memberikan kemudahan bagi ASN dengan Jabatan Fungsional Pranata Humas (JF Prahum) untuk mengusulkan kenaikan pangkatnya. 

“Sekarang sudah era digital. Jadi kami ingin memberikan kemudahan bagi Pranata Humas Kemenag. Salah satunya dengan menghadirkan aplikasi berbasis digital dalam pengembangan karir Prahum,” ungkap Koordinator Humas Biro HDI Ubaidillah saat membuka Sosialisasi E-Dupak Prahum, di Jakarta, Kamis (14/7/2022). 

Ubaidillah berharap dengan keberadaan aplikasi E-Dupak dapat berdampak pada peningkatan kesejahteraan para pranata humas. "Biro HDI sudah merancang E-dupak untuk memudahkan Bapak Ibu dalam pengusulan angka kredit guna penjenjangan karirnya,” tutur Ubaidillah. 

Pengembangan karir Prahum menjadi perhatian Biro HDI Kemenag. Saat ini menurut Ubaidillah, ada sekitar 400 Pranata Humas Kemenag se-Indonesia. Jumlah ini tentunya masih kurang jika dibandingkan dengan jumlah satuan kerja Kemenag yang mencapai empat ribuan.

Karenanya menurut Ubaidillah, terobosan seperti E-Dupak Prahum perlu dilakukan. “Jangan sampai Prahum karena padatnya tugas yang dibebankan, malah tidak sempat mengurus angka kredit. Kami berharap aplikasi ini dapat memudahkan,” ujarnya. 

Ubaidillah menuturkan, selain di Jakarta, Sosialisasi E-Dupak Prahum juga telah dilakukan di Padang, Makassar, dan Surabaya. “Nanti secara bertahap akan kita sosialisasikan ke beberapa daerah juga,” lanjut Ubai.