Tinjau Pembangunan PLHUT Blora, Menag :  Karjakan Tepat Waktu dan Tetap Prokes

Blora (Kemenag) --- Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meninjau pembangunan gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kemenag Blora dalam rangkaian kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Tengah.

Kepada kontraktor pelaksana CV Vicayasa, Menag meminta pembangunan PLHUT Kemenag Blora dapat diselesaikan tepat waktu. Para pekerjanya juga tetap menjalankan protokol kesehatan dalam bekerja.

"Selesaikan pembangunan PLHUT ini tepat waktu. Saya minta para pekerja tetap menjalankan protokol kesehatan saat bekerja," kata Menag Yaqut Cholil Qoumas saat meninjau lokasi pembangunan yang persis berada di samping Kantor Kemenag Blora, Jumat (20/8/2021) siang.

Hadir juga, Bupati Blora Arief Rohman, Kakanwil Kemenag Jateng Mustain Ahmad, Stafsus Menag Wibowo Prasetyo, Kakankemenag Blora Suhadi, dan Kapolres Blora. 

Kepala Kantor Kemenag Blora Suhadi menjelaskan PLHUT ini akan dibangun dua lantai di atas lahan 400 meter persegi. Lantai satu untuk pelayanan pendaftaran haji dan pelayanan lainnya terkait haji reguler. Sedangkan lantai dua adalah aula yang digunakan untuk manasik haji dan ruang pertemuan. 

"Di lantai satu juga akan dilengkapi ruangan Kasi Haji, ruang staf, dan ruangan outlet bank," ujarnya. 

Menurut Suhadi, PLHUT Kemenag Blora dibangun melalui skema SBSN tahun 2021 senilai Rp1,7 miliar dengan waktu pelaksanaan pembangunan selama 150 hari, mulai Juni 2021. 

Bupati Blora Arief Rohman menyambut baik rencana pembangunan PLHUT Kemenag Blora. Dia menilai keberadaan PLHUT akan memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada masyarakat Blora. 

"Selamat datang Gus Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di Kabupaten Blora. Kami siap sinergi sesarengan membangun Sektor Keagamaan yang damai dan menyejukkan," kata Arief Rohman. 

Dalam kesempatan itu Bupati Blora menyatakan pihaknya siap untuk mendukung program Kementerian Agama dalam percepatan vaksinasi santri dan masyarakat. Bupati juga mendukung rencana ditunjuknya salah satu pesantren di Blora untuk masuk dalam pilot project 100 pesantren mandiri yang diinisiasi Kemenag. 

"Kami siap mendukung program kemandirian pesantren dan vaksinasi santri di Blora. Dalam waktu dekat kami akan menyiapkan data dan fasilitas lainnya dalam mewujudkan program vaksinasi santri di Blora," tandasnya.