Tim Riset MAN 1 Pekanbaru Raih Medali Emas dan Perak di Ajang WICE 2022

Pekanbaru (Kemenag)--Tim Riset Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Pekanbaru, berhasil meraih medali emas dan perak di ajang World Invention Competition And Exhibition (WICE) atau Pameran Penemuan Dunia. 

Ajang bergensi ini digelar Indonesia Young Scientist Asociation (IYSA) bekerja sama dengan SEGi College Subang Jaya Malaysia. 

WICE 2022 merupakan sebuah platform yang mewadahi para peneliti muda dalam implementasi hasil pembelajaran yang diikuti perwakilan siswa dari berbagai negara.

Kepala MAN 1 Pekanbaru Norelinda mengatakan,Tim Riset MAN 1 Kota Pekanbaru yang mengikuti ajang riset internasional di Malaysia berangkat dari Pekanbaru pada 25 September 2022. Keberangkatan mereka ke Malaysia setelah dinyatakan pihak panitia lolos di ajang final World Invention Competition And Exhibition. 

Berita Terkait: Tim Riset MAN 1 Kota Pekanbaru Lolos Seleksi WICE 2022

Ketua tim riset MAN 1 Pekanbaru pun mengikuti presentasi final untuk kategori Life Science,IT dan Robotik.

"Alhamdulillah siswa kami berhasil meraih medali emas dan perak. Ini sebuah prestasi yang membanggakan karena siswa kami meraih medali di ajang yang diikuti perwakilan dari berbagai negara. Ini menjadi lecutan bagi kami untuk terus berinovasi dan berprestasi di pentas nasional dan internasional," kata Norelinda di Pekanbaru,Jumat (30/9/2022).

Disampaikan Norelinda, raihan dua medali untuk tim riset MAN 1 Pekanbaru itu diumumkan pihak panitia pada 29 September 2022 saat acara puncak WICE 2022 di Malaysia.

Tim Riset MAN 1 Kota Pekanbaru yang meraih medali emas lanjut Norelinda atas nama Quinadine Nasywa Azzura, M. Hazel, Aika Nadhira, Muhammad Putra Sirrhasri dan Rifqi Rizqilah. Sementara tim yang meraih perak atas nama Tiara Aufa Azaria, Nailah Putri Erika dan Nadine Bintang Callista.

"Tahniah dan sukses buat ananda tim riset MAN 1 Kota Pekanbaru dan guru pembimbing atas prestasi yang diraih, semoga senantiasa mengukir prestasi yang terbaik untuk madrasah dan Indonesia," ujar Norelinda.

Raihan medali emas dan perak yang disumbangkan Tim Riset MAN 1 Pekanbaru mendapat apresiasi dari Kakanwil Kemenag Riau Mahyudin. 

Menurutnya, prestasi yang diraih Tim Riset MAN 1 Pekanbaru tidak hanya mengharumkan nama Riau dan madrasah melainkan juga nama Indonesia di ajang internasional.

"Kepada pihak guru dan siswa MAN 1 Pekanbaru teruslah berprestasi dan berinovasi. Jangan berpuas dengan raihan prestasi ini. Atas nama Kanwil Kemenag Riau, kami bangga dengan prestasi yang diraih MAN 1 Pekanbaru yang membanggakan nama besar madrasah dan Indonesia. Sekali lagi selamat untuk tim riset MAN 1 Pekanbaru," kata Mahyudin. (mus)