Tim Riset MAN 1 Pekanbaru Boyong 8 Medali ISTEC 2022

Riau (Kemenag) --- Tim Riset MAN 1 Kota Pekanbaru memboyong delapan medali pada final International Science Technology and Engineering Competition (ISTEC). Kompetisi ini berlangsung empat hari, 15-18 April 2022, di Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Ajang ini diikuti para siswa dari berbagai 18 negara. Selain Indonesia sebagai tuan rumah, ikut ambil bagian peserta dari Malaysia, Thailand, Philippines, Afrika Selatan, Turkey, Bosnia Herzegovina, Yaman, Mesir, Rusia, India, Mexico, Zimbabwe, dan Palestina.  

Kategori yang dilombakan adalah Science, Technology, dan Engineering. Adapun tahapan yang harus dilewati adalah babak seleksi abstrak, babak semi final, dan tahap grand final. Kepala MAN 1 Pekanbaru, Norerlinda mengatakan, tim riset siswa-siswi MAN 1 Kota Pekanbaru meraih tiga medali perak dan lima medali perunggu pada final ISTEC 2022. 

“Prestasi ini tidak lepas dari kerja sama seluruh stakeholder di madrasah, mulai dari Kementerian Agama, pimpinan madrasah, guru, tenaga kependidikan, komite, hingga para orang tua siswa,” kata Norerlinda didampingi Waka Kurikulum Emhadelima, Kamis (21/4/2022).

Menurutnya, prestasi tersebut menjadi indikator bahwa slogan Madrasah Mendunia yang digaungkan Kementerian Agama RI bukanlah isapan jempol belaka. MAN 1 Pekanbaru menjadi salah satu buktinya.

Kakanwil Kemenag Riau Mahyudin mengapresiasi prestasi siswa MAN 1 Pekanbaru yang berhasil memboyong 8 medali di ajang ISTEC. “Saya sangat bangga siswa MAN 1 Pekanbaru dapat bersaing dengan siswa madrasah terbaik di Indonesia, bahkan di luar negeri. Ini membuktikan bahwa kualitas anak madrasah jauh berkembang pesat dan mampu meningkatkan kapasitas dan keahliannya secara terus menerus di bidang sains teknologi,” kata Mahyudin usai menyambut kepulangan tim riset MAN 1 Pekanbaru di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru.


REKOMENDASI