Terima Pimpinan Perguruan Tinggi Aceh, Wapres: Pemerintah Komit Majukan Pendidikan

Jakarta (Kemenag) --- Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin hari ini menerima pimpinan sejumlah Perguruan Tinggi dari Provinsi Aceh. Pertamuan berlangsung di kediaman Wakil Presiden, Jalan Diponegoro, No. 2, Jakarta.

Kepada para rektor,  Wakil Presiden menegaskan bahwa Presiden Joko Widodo dan dirinya punya komitmen untuk memajukan pendidikan. “Pemerintah komit dalam hal memajukan pendidikan, termasuklah pendidikan yang dikelola Kementerian Agama. Kami serius untuk itu,” terangnya di Jakarta, Rabu (18/5/2022). 

Wapres berharap, perguruan tinggi dapat berperan dalam memperkuat pertumbuhan ekonomi dan pembangunan, terutama pembangunan sumber daya manusia, termasuk di Aceh. Masyarakat juga perlu diedukasi agar lebih sadar tentang potensi sumberdaya alam Indonesia yang luar biasa.

“Saya beberapa waktu lalu baru pulang dari Takengon. Saya melihat kesuburan alam luar biasa, dan itu potensi besar yang hendaknya kita kelola dengan baik, dan pengelolaan itu kembali lagi ke kualitas sumber daya manusianya,” pesan Wapres. 

“Kita harus menjadi muslim yang membangun kesejahteraan, sehingga dapat mewariskan kedamaian, rasa persaudaraan, kebahagiaan, kemaslahatan dan keberkahan,” sambungnya.

Hadir di kediaman Wakil Presiden, Rektor IAIN Takengon Zulkarnain menyampaikan bahwa PTKIN di Aceh mendukung program Presiden dan Wakil Presiden dalam penguatan pendidikan, secara khusus, Pendidikan Tinggi Keagamaan, penguatan pembangunan ekonomi, termasuk pembangunan masyarakat ekonomi syari'ah. Demikian juga halnya dengan penguatan pemahaman moderasi beragama, toleransi dan harmonisasi dalam kebidupan berbangsa dan benegara. 

“IAIN takengon siap mengambil peran aktif dalam hal ini, dan kami berharap ada kebijakan penguatan finansial yang lebih terukur untuk memperkuat pelaksanaan program tersebut,” ujar Zulkarnain.


REKOMENDASI