Daerah

Tempati Gedung Baru SBSN, Siswa MIN 1 Rembang Sujud Syukur 

Gedung baru MIN 1 Rembang

Gedung baru MIN 1 Rembang

Rembang (Kemenag) --- Peningkatan kualitas pendidikan madrasah terus diupayakan Kementerian Agama. Sarana prasarana terus ditingkatkan, salah satunya dengan membangun gedung madrasah melalui skema pembiayaan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).

Di Rembang, pembangunan gedung madrasah dengan skema ini antara lain diselenggarakan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Rembang. Pembangunannya rampung pada 17 November 2022, tercepat di antara madrasah lainnya.

Gedung SBSN yang terdiri atas enam ruang kelas baru (RKB) ini mulai ditempati pada awal semester genap tahun pelajaran 2022-2023. Ini sekaligus menjadi kado istimewa bagi segenap civitas MIN 1 Rembang.

Maklum, selama ini mereka belajar di tempat yang ala kadarnya. Siswa kelas 4 dan 6 harus belajar di ruangan yang sangat tidak representatif. Ada yang menggunakan ruang musala, perpustakaan, kadang juga sanggar Pramuka, sebagai tempat belajar mengajar.

Keberadaan ruang kelas baru tentu disambut gembira oleh para siswa. Mereka pun menggelar sujud syukur di kelas masing-masing yang memang desain sebagai ruang belajar yang bersih dan suci.

Kepala MIN 1 Rembang Ahmad Fahimi mengatakan, pembangunan gedung SBSN memang menempati tanah yang semula terdapat ruang kelas yang sudah dirobohkan karena sudah tidak layak huni. Sehingga, secara otomatis selama proses pembangunan ruang kelas SBSN terdapat beberapa kelas yang harus belajar di ruang kelas darurat.

"Hampir selama 6 bulan kelas 4 dan kelas 6 belajar di ruang kelas darurat. Sehingga kami sangat bersyukur di awal semester ini sudah bisa menggunakan ruang kelas baru dari proyek SBSN. Semoga dengan menempati ruang kelas baru kegiatan belajar mengajar bisa berjalan lebih efektif dan lebih nyaman yang pada akhirnya menghasilkan output siswa yang lebih berkualitas," ungkap Fahimi di Rembang, Rabu (4/1/2023).

Safira, salah satu siswa kelas 4 mengungkapkan kegembiraannya dapat menempati kelas baru. "Selama ini kami belajar tanpa adanya meja dan kursi hanya dengan duduk lesehan di dalam ruang mushola, Alhamdulillah mulai semester ini kami bisa belajar di ruang kelas yang sangat baik. Fasilitas ruang kelas ini begitu lengkap mulai dari meja, kursi, tempat sepatu, lemari bahkan ada loker untuk masing-masing siswa," ujar Safira dengan mata berbinar.

Koordinator bidang sarpras MIN 1 Rembang, Ahmad Nurul Mubin mengatakan, meski belum ada upacara peresmian tetapi mengingat adanya kebutuhan yang mendesak, maka gedung baru langsung digunakan. "Status gedung baru ini masih pinjam pakai sarana milik Kanwil Kemenag Jateng karena belum diresmikan dan diserahterimakan kepada MIN 1 Rembang secara resmi. Namun, mengingat kita harus memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat, gedung ini harus sudah kami gunakan," terang Mubin sambil tersenyum.

Mubin menambahkan, pihak MIN 1 Rembang berencana menggelar tasyakuran dan selamatan dengan mengundang tokoh masyarakat dan warga sekitar dalam rangka penggunaan gedung baru SBSN ini. Mubin selalu mengingatkan para murid untuk bisa menjaga kebersihan serta merawat seluruh prasarana yang ada dengan baik. (Ahmad Fahimi/Shofatus Shodiqoh)


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Istimewa

Daerah Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua