Nasional

Sujud Syukur Warnai Kedatangan Jemaah SOC 1 di Bandara Adi Sumarmo

Jemaah sujud syukur setibanya di Bandara Adi Sumarmo, Solo

Jemaah sujud syukur setibanya di Bandara Adi Sumarmo, Solo

Solo (Kemenag) --- Pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 6201 mendarat di Bandara Adi Sumarmo tepat pukul 22.45 WIB. Pesawat ini membawa 360 jemaah haji Indonesia yang tergabung dalam kloter 1 Embarkasi Solo (SOC 1). Mereka berasal dari Kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah.

Kedatangan jemaah di Sola diwarnai rasa haru dan Bahagia. Tampat dari mereka yang melakukan sujud syukur setelah turun dari pesawat. Selanjutnya, jemaah diantar dengan bis menuju gedung Muzdalifah, di asrama Haji Donohudan, Boyolali.

Prosesi penyambutan jemaah berlangsung di asrama haji Donohudan. Kedatangan jemaah disambut Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin, Bupati Pati Hariyanto, Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo Masmin Afif, dan sejumlah pejabat daerah lainnya.

Wagub Jateng Taj Yasin Maimoen menyampaikan terimakasih kepada seluruh PPIH Embarkasi Solo yang telah melayani jemaah dengan baik, mulai sejak berangkat ke Saudi Arabia hingga kembali ke tanah air pada malam ini.

"Saya tidak hanya bahagia, tapi merasa senang dan semangat melihat jemaah semua dalam keadaan sehat. Semoga hajinya mabrur semua," kata Taj Yasin Maimoen, di Boyolali, Jum'at (15/7/2022) malam.

"Saya atas nama pemerintahan Jawa Tengah, bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah melayani jemaah haji Indonesia, khususnya jemaah Kabupaten Pati. Semua jemaah sudah ditunggu keluarga. Selamat kembali ke rumah masing-masing, dan menjadi haji mabrur," sambung Taj Yasin Maimoen.

Ketua PPIH Embarkasi Solo, Masmin Afif juga menyampaikan rasa syukur dan bahagia karena semua jemaah sehat walafiat. "Selamat datang Duyufurrahman. Semoga menjadi haji mabrur," kata Masmin Afif.

Masmin Afif melaporkan bahwa ada 44 kloter yang berangkat dari Embarkasi Solo, dengan total 15.447 jemaah. Untuk SOC 1, malam ini telah kembali dengan keadaan sehat semua.

Menurut Masmin Afif, sampai hari ini ada 8 jemaah wafat yang berangkat dari Embarkasi Solo. Mereka adalah Purnomo Sukaryo Sastro, Subagi Darnoso Daud, Yuli Nurani Hidayah, Muhammad Rodli Tamam, Karno Damo Abas, Romadhon Mukharor, Riady Djamrin Sanmirsad, dan Maryono Daman Karso Suwito.

Bupati Pati, Hariyanto mengucapkan terima kasih kepada ketua PPIH Embarkasi Solo yang telah menyerahkan jemaah haji dari Kabupaten Pati. Semua jemaah kloter 1 ini utuh, sehat semua, sebagaimana saat keberangkatan hingga kembali malam ini.

"Alhamdulillah, semua jemaah bisa melaksanakan wajib, rukun, sunnah haji, dan telah menunaikan ibadah haji, semoga menjadi haji mabrur," tandas Hariyanto.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Rikie Andriyawan

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua