Sudah 13 Calhaj Indonesia Meninggal di Arab Saudi

Madinah, 28/11 (Pinmas) - Hingga hari ke-12 kedatangan jamaah calon haji Indonesia ke Arab Saudi, telah tercatat 13 calhaj yang meninggal. Dua jamaah yang meninggal terakhir adalah Subardi dari Banyumas dan Ny Sarmi dari Kalimantan Tengah. Subardi Kartomiharjo adalah jamaah asal Kalibagor RT 2 RW 1, Kalibagor, Banyumas.

Dia tergabung dalam kloter 19 Embarkasi Solo. Subardi wafat Selasa (27/11) di RS An-Anshar Madinah dalam usia 70 tahun karena mengalami serangan jantung. Sedangkan Ny Sarmi binti Saleh meninggal juga pada Selasa (27/11) di RS Al-Anshar, Madinah. Jamaah dari Kloter 5 Embarkasi Banjarmasin itu beralamat di Jl Brigjen Katamso RT 30, Muara Teweh, Kalteng. Dia meninggal dalam usia 69 tahun karena gangguan saluran pernapasan serta hipertensi yang dideritanya. Jenazah kedua jamaah calon haji saat ini telah dikebumikan di pemakaman Baqi’, Madinah.

Dengan kematian keduanya, hingga saat ini telah terdapat 13 jamaah calhaj asal Indonesia itu yang meninggal di Arab Saudi. 12 orang meninggal di Madinah, sedangkan seorang lainnya meninggal di Jeddah. Penyebab kematian rata-rata karena sakit yang telah diderita jamaah sejak lama kambuh karena ketahanan tubuh menurun akibat kelelahan. Hanya satu yang meninggal karena insiden, yaitu Muktamad bin Mahyudin asal NTB yang meninggal akibat berdesak-desakan saat berada di dalam Masjid Nabawi, Madinah.(Muchus/MCH Madinah)