Nasional

STAIN Palangka Raya Terima Calon Mahasiswa Bersayarat

Palangka Raya, 4/7 (Pinmas) - Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palangka Raya menerima calon mahasiswa bersyarat bagi yang tidak lulus Ujian Nasional, dengan menunggu Ijazah Paket C sesuai Surat Dirjen Diknas memperbolehkan penerimaan mahasiswa bersyarat. Ketua STAIN Palangka Raya, Drs.H.Ahmad Sayr`i, M.P, di Palangka Raya, Selasa, mengatakan, kendati pihaknya belum menerima petunjuk tertulis dari Pemerintah tentang penerimaan mahasiswa dari SMA/MA yang tidak memiliki ijazah (UN), STAIN akan mengakomodir dengan menerima mahasiswa bersyarat.

"Penerimaan calon mahasiswa bersyarat tentunya dengan harus mengikuti ujian paket C," ucapnya. Diknas Provinsi Kalteng sebelumnya menyatakan mempercepat ujian ulangan paket C yang tadinya dijadwalkan September 2006 dimajukan pada akhir Agustus dan pengumumannya awal September 2006. Untuk itu STAIN Palangka Raya mengambil kebijakan, memberikan kesempatan bagi mereka yang tidak lulus UN mendaftar dengan membuat pernyataan tertulis yang intinya jika setelah mengikuti test tidak dapat menyerahkan bukti lulus paket C maka calon mahasiswa tersebut dinyatakan gugur.

"Jadi dalam hal ini STAIN Palangka Raya tetap memberikan kesempatan bagi Calon mahasiswa yang tidak memiliki ijazah dengan menunggu kelengkapan persyaratan ijasah paket C tersebut," Ujarnya. Penerimaan calon mahasiswa 2006 -2007 yang lulusannya normal dibuka sejak 10 Mei 2006 dan ditutup 10 juli 2006, dan itu juga diberlakukan sama dengan penerimaan calon mahasiswa bersyarat. Sedangkan pelaksanaan test penyaringan akan dilaksanakan pada 11 - 12 Juli 2006 dan pengumuman hasil test penyaringan atau sekitar 18 Juli 2006.

Kalender perkuliah STAIN Palangka Raya dimulai pada minggu pertama Agustus 2006 dan terhadap para calon mahasiswa yang masih bersyarat diharapkan tidak ada masalah untuk mengikuti perkuliahan, tapi jika sudah pada waktu ditentukan kiranya dapat memenuhi persyaratan dengan menunjukan ijazah pajet C nya. Menyinggung masalah regestrasi atau pembiayaan bagi mahasiswa bersyarat, Ahmad Syar`i mengatakan, masalah regestrasi masih diatur petunjuknya, tetapi setelah test penyaringan dan pengumuman, STAIN akan mememberitahukannya pada calon mahasiswa yang diterima.

Penerimaan calon mahasiswa Tahun Akademik 2006-2007 STAIN Palangka Raya tetap memfukoskan pada 8 program studi diantaranya studi pendidikan (Tar`jih) Komunikasi Islam dan Dakwah, Pendidikan Agama Islam, Bahasa Inggris, Fisika dengan membuka pendaftaran di 4 Kabupten yakni Kotim, Kobar, Barut dan Barsel. Sedangkan target penerimaan sebanyak 300 mahasiswa dan jika pada kabupaten memenuhi target sebanyak 25 pendaftar test penyaringan cukup di daerah dan jika tidak mencukupi maka digabung dengan Kabupaten yang mencukupi atau ke Palangka Raya, Pungkas Ketua Drs.H.Ahamd Syar`i mengakhiri bincangnya.(Ant/Myd)

Tags:

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua