STAIN Palangka Raya Lepas 88 Mahasiswa KKN XIX

Palangka Raya, 3/7 (Pinmas) - Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palangka Raya melepas 88 mahasiswanya mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) XIX sebagai salah satu syarat mahasiswa untuk menjadi seorang sarjana. Ketua STAIN Palangka Raya, Drs.H.Ahmad Sayr`i, M.Pd didampingi PK I, Drs,Syardimi, Ketua BP KKN Drs.Surya Sukti MA dan para Dosen usai pelepasan peserta KKN STAIN di Palangka Raya, Senin mengatakan, KKN XIX yang diikuti 88 mahasiswa mengambil tempat pada dua kabupaten yaitu Kabupaten Seruyan dan Kabupaten Pulang Pisau.    

Sedangkan desa yang menjadi sasaran mahasiswa KKN yaitu pada 16 Desa di 2 Kecamatan yakni 5 Desa di Kecamatan Seruyan Hilir dan 11 Desa di Kecamatan Danau Sembuluh di Kabupaten Seruyan, sedangkan untuk Kabupaten Pulang Pisau ditempatkan pada 1 Desa.     Khusus mahasiswa yang ber KKN di Kabupaten Pulang Pisau menurut Ahmad Syar`i itu adalah KKN mahasiswa yang meneruskan program KKN XVIII tahun lalu.    

Menurut dia, pelaksanaan KKN sebagaimana harapan sebagai pembentukan kedewasaan seorang mahasiswa sehingga dari KKN, mahasiswa STAIN dapat menjadi panutan masyarakat.     Selain itu mahasiswa dalam KKN menjadi motivator dalam upaya membantu masyarakat pedesaan membangun desa, serta dituntut dapat mencarikan jalan keluar terbaik pada setiap permasalahan yang dihadapi desa yang ditempatinya.      Mahasiwa ber KKN jangan menjadi provokator serta hindari kegiatan politik taktis yang ada di pedesaan/Kecamatan sesuai program KKN yang dibuat oleh Badan Pelaksana Kulain Kerja Nyata (BP KKN).    

"Mahasiswa ber KKN harus dapat menjaga prilaku dan sikap yang baik di tengah masyarakat, terutama menghidari keikutsertaan dalam masalah penyakit masyarakat," ucapnya.     Jika ada mahasiswa yang melakukan hal tersebut, maka BP KKN bertindak tegas dengan mempertimbangkan kelulusan melaksanakan KKN dan jika permasalahan dirasakan parah maka unsur pimpinan yang akan memberikan tindakan.     Sementara Ketua BP KKN STAIN ANTASARI Palangka Raya, Drs. Surya Sukti MA mengatakan, dalam KKN XIX ini sebanyak 17 kelompok mahasiswa KKN akan menempati 17 lokasi di Kabupaten Seruyan diantaranya pada desa Pematang Limau, Kartika Bakti I dan II, Pematang Panjang I dan II Kecamatan Seruyan Hilir.    

Sedangkan pada Kabupaten Pulang Pisau 1 kelompok yang menempati Desa Tangkahen.     Lebih jauh dikatakan, KKN XIX STAIN dimulai sejak 4 Juli sampai 4 September 2006, dengan program kerja khusus berkenaan dengan pembinaan keagamaan dan program Umum menyangkut pembenahan, pembinaan dan pelaksanaan pembangunan di pedasaan yang harus mahasiswa kerjakan selama melaksanakan KKN.     Sedangkan untuk terjun ke masyarakat mahasiswa selain menerpakan ilmu yang didapat di kampus selama perkuliahan, BP KKN juga melaksanakan pembekalan bagi mahasiswa selama 2 hari, katanya.(Ant/Myd)