Internasional

Siswa MTsN 2 Kota Kediri, Mengukir Prestasi Internasional di Tengah Pandemi

Muhammad Adi Brata Tata Negoro Saputra bersama Kepala MTsN 2 Kota Kediri dan guru pembimbing. (Foto: Istimewa)

Muhammad Adi Brata Tata Negoro Saputra bersama Kepala MTsN 2 Kota Kediri dan guru pembimbing. (Foto: Istimewa)

Jakarta (Kemenag) --- Siswa madrasah kembali mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. Adalah Muhammad Adi Brata Tata Negoro Saputra, salah satu dari sedikit anak muda yang mencintai Matematika.

Putra pertama pasangan Dwi Anggara Aditya dan Gandes Putri Aslini ini menyabet banyak kejuaraan di tingkat nasional maupun internasional. Siswa MTsN 2 Kota Kediri yang tengah duduk di kelas 9-B ini meraih Gold Medal di ajang bergengsi Singapore International Math Olympiad Challenge (SIMOC) yang berlangsung secara virtual pada 24 Oktober 2020.

Perlombaan berlansung pukul 14.00 hingga 17.00 WIB. Pemberian penghargaan pun diserahkan dan disamapikan secara virtual karena adanya pandemi Covid-19 .

Kesuksesannya di ajang SIMOC ini sekaligus menambah koleksi raihan medali atas kerja keras dan ketekunan remaja berkulit bersih kelahiran Kediri, 7 Agustus 2006 ini di tingkat internasional. Sebelumnya, selama Januari sampai Agustus 2020 tercatat sudah ada 7 medali yang diraih. Dimulai dari ajang IKMC (International Kangaroo Math Contest) meraih Gold Medal, lanjut SASMO (Singapore & Asian Schools Math Olympiad) Gold Medal, dan medali perak diraih dalam ajang AIMO (Asian International Math Olympiad).

Selanjutnya, tiga medali berturut-turut masing-masing diraih dalam ajang Math Factorial meraih medali emas, HKIMO (Hong Kong International Math Olympiad) meraih Silver Medali, berikutnya medali perak lagi dalam AMO (American Math Olympiad), dan medali emas dalam World Mathematics Invitational (WMI) 2020 Indonesia Preliminary Round.

Raihan medali emas ini disambut suka cita oleh segenap keluarga besar MTsN 2 Kota Kediri. "Alhamdulliah, selamat buat ananda Muhammad Adi Brata Tata Negoro Saputra, meski dalam musim pandemi seperti saat ini prestasi demi prestasi telah diraih. Ini semua berkat kerjasama dan kegigihan semua pihak, baik ananda Muhammad Adi Brata Tata Negoro Saputra, kedua orang tua, guru pembimbing, dan pihak madrasah," kata Kepala MTsN 2 Kota Kediri Hadi Suseno kepada Humas, Kamis (05/11).

"Kami selaku Kepala MTsN 2 Kota Kediri mengucapkan banyak terima kasih kepada ananda, semoga prestasi luar biasa yang diraih ini dapat menjadi motivasi teman-temannya untuk meraih prestasi baik di bidang akademik maupun nonakademik. Sehingga tetap membawa nama harum MTsN 2 Kota Kediri, Jawa Timur," sambungnya.

Hal senada disampaikan guru pembimbing Muhammad Adi Brata Tata Negoro Saputra, Siti Nurhidayati. Dia mengaku bangga atas prestasi yang diraih anak didiknya "Kami bangga dengan prestasi Adi Brata yang luar biasa. Sejak kelas 7 memang anaknya tekun dan semangatnya luar biasa," ujarnya.

Internasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua