Nasional

Siswa MAN IC Tanah Laut Juara Kompetisi Avicenna Medical Science Award 2021

Siswa Madrasah MAN IC Tanah Laut Raih Juara

Siswa Madrasah MAN IC Tanah Laut Raih Juara

Tanah Laut (Kemenag) --- Dua tim dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Tanah Laut meraih juara pertama dan harapan kedua pada ajang Avicenna Medical Science Award (AVIMSA) Tahun 2021. Lomba di bidang kedokteran yang diikuti siswa SMA/MA dari berbagai provinsi ini diselenggarakan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (ULM).

Peserta kompetisi ini dibagi dalam empat rayon. Rayon 1 dan 2 dari Kalimantan Selatan, Rayon 3 dari Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Utara, sedang Rayon 4 dari luar Kalimantan. Lomba ini digelar secara online dan dipusatkan di Gedung Teater Fakultas Kedokteran ULM, Minggu (10/10/2021).

Setiap tim yang ikut dalam ajang ini terdiri dari 3 siswa. Tim pertama dari MAN IC Tanah Laut beranggotakan Najwa Femilia Andini, Tegar Wahyuni Oktavia Fendi, dan Muhammad Ilham Arroyan. Tim kedua terdiri atas Deswina Maharani Putri, Redha Noor Arisya Putri, dan Annisa Esti Maghfuroh.

Untuk menjadi pemenang, peserta AVIMSA melalui beberapa tahapan. Pertama, tahap eliminasi secara online. Panitia menetapkan 30 besar peserta berdasarkan skor nilai tes pada mata pelajaran biologi, kimia, fisika, dan kedokteran.

Kedua, tahap semifinal. Panitia memilih 15 tim terbaik, dan dua tim MAN IC Tanah Laut lolos semua. Ketiga, tahap final yang diikuti lima peserta terbaik. Tiga tim masuk seleksi grandfinal yang dilakukan secara offline dengan menjawab berbagai pertanyaan hingga uji praktik. Tim MAN IC Tanah Laut akhirnya ditetapkan sebagai juara pertama. Sementara tim kedua MAN IC Tanah Laut meraih juara harapan kedua.

"Alhamdulillah, bisa juara 1, lawan tanding keren dan hebat hebat dari SMA/MA se-Indonesia. Terima kasih kepada Kamad, guru pembimbing, dan warga MAN ICT yang selalu mendukung dan mendoakan kami dari awal hingga juara," ungkap Najwa Femilia Andini, salah satu anggota tim MAN IC Tanah Laut.

Kedua tim MAN IC Tanah Laut dibimbing oleh, Noorma Yulia, Nor Asiah, dan Fitriani. “Mereka sangat bersemangat dalam mengikuti kompetisi ini, selain belajar mereka juga berusaha dan berdoa agar dapat melakukan yang maksimal saat berlaga,” ungkap Asiah.

Para pemenang mendapatkan tropi, uang tunai, dan sertifikat. Sebagai juara pertama, MAN IC Tanah Laut juga mendapat piala bergilir yang diserahkan langsung oleh panitia penyelenggara.

Kepala MAN IC Tanah Laut, Hilal Najmi, turut bangga atas prestasi siswanya. “Alhamdulillah, setelah melalui berbagai tahapan sengit, akhirnya bisa menjadi yang terbaik. Terima kasih kepada siswa-siswi, orang tua, guru pendamping, dan seluruh keluarga besar MAN ICT atas perjuangan, doa, dan dukungannya," ucapnya.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Istimewa

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua