Siswa MAN IC Serpong Raih Perunggu Olimpiade Jepang 2021

Serpong (Kemenag) --- Di tengah hingar bingar Olimpiade Tokyo 2020, salah satu siswa madrasah ikut mempersembahkan medali perunggu International Chemistry Olimpiad (ICHO) 2021 yang diselenggarakan secara virtual dan berpusat di Osaka, Jepang.

Adalah Hanif Muhammad Zhafran, siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Serpong Tangerang Selatan, Banten-Indonesia ini meraih medali perunggu bidang Kimia pada ICHO 2021. Ajang ini berlangsung 25 Juli - 2 Agustus 2021.

Kepala MAN IC Serpong Abdul Basit mengatakan, Hanif meraih medali perunggu di Osaka setelah melalui tahapan yang sangat panjang. Menurutnya, olimpiade ini adalah even berjenjang dimulai dari tingkat madrasah, kabupaten/kota, provinsi, hingga nasional pada ajang Kompetisi Sains Nasional atau KSN 2020.

"Setelah meraih medali pada semua jenjang sampai level nasional, Hanif mengikuti seleksi kembali untuk mewakili Indonesia pada ICHO 2021," terang Basit di Serpong, Selasa (3/8/2021).

"Ada tiga tahapan seleksi yang harus dijalani Hanif untuk bisa mewakili Indonesia di level Internasional dan pada akhirnya meraih medali perunggu," sambungnya.

Prestasi ini, kata Basit, menjadi kebanggaan MAN Insan Cendekia Serpong dan Kementerian Agama. Sebab, Hanif adalah satu-satunya siswa madrasah yang mendapatkan medali. Perhelatan olimpiade yang dilaksanakan secara virtual dari negara masing-masing juga menjadi tantangan tersendiri.

"Civitas akademika MAN Insan Cendekia Serpong sangat bangga atas capaian Hanif pada ICHO 2021 ini. Selamat dan sukses, semoga medali ini jadi spirit bagi kami untuk terus mempersembahkan yang terbaik bagi bangsa dan negara," tandasnya.