Nasional

Siswa MAN IC OKI Juara II Festival Anak Sholeh Indonesia

Siswa MAN IC OKI juara II cabang Cerdas Cermat Al-Quran dalam Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) XI tahun 2022

Siswa MAN IC OKI juara II cabang Cerdas Cermat Al-Quran dalam Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) XI tahun 2022

Kayuagung (Kemenag) --- Dua Siswa Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Ogan Komering Ilir, Nayla dan Misbahul Jannah meraih juara II cabang Cerdas Cermat Al-Quran dalam Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) XI tahun 2022. Ajang yang diselenggarakan mulai 24-27 Maret 2022 di Palembang ini, diikuti 28 Kafilah provinsi di Indonesia.

"Alhamdulillah, luar biasa. Ini adalah prestasi luar biasa bagi siswa dan MAN IC. Semoga dapat menginspirasi madrasah lainnya untuk terus memrogramkan tahfidz dan tahsin Al-Qur’an bagi siswanya. Sekali lagi, selamat, juga untuk keluarga MAN IC OKI," ujar Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, Kanwil Kemenag Sumsel, Muhammad Ali, di Palembang, Minggu (27/3/2022).

Kepala MAN Insan Cendekia OKI, H. Kiagus Faisal yang ikut mendampingi peserta didik mengaku bangga dan terharu ketika mendengar pengumuman Siswa MAN IC OKI Juara II. "Barakallah, sangat bersyukur sekali saya, ketika mendengar Siswa MAN IC OKI (Sumsel) dipanggil (diumumkan) sebagai juara ke-2. Sampai terharu," sebutnya.

Faisal menuturkan bahwa siswa yang menjadi delegasi merupakan siswa pilihan. Mereka berdua terpilih menjadi bagian dari kafilah mewakili Sumsel, setelah berhasil menjadi juara I dan II (perorangan) pada seleksi tingkat provinsi. Kemudian, juara 1, 2, dan 3 dikelompokkan untuk mewakili Sumsel.

Selain memiliki hafalan Al quran, Nayla dan Misbah, juga secara intensif dibekali pengetahuan tentang terjemahan lafdzhiyyah ayat Al-Qur'an beserta intisarinya, ayat-ayat pilihan dalam juz 30, Tahsinul Kitabah, dan Dinul Islam.

Sebelumnya, saat melepas Kafilah Sumsel di Auditorium Bina Praja, Gubernur Provinsi Sumatera Selatan, Herman Deru berpesan kepada para peserta dan panitia, agar menjadi tuan rumah yang baik. "Target kita tentu juara, dan saya ingin menang dengan cara yang baik dan sportif,” tutur Gubernur.

“Namun yang terpenting, dengan festival ini akan semakin meningkatkan kualitas generasi muda dalam memahami dan mengamalkan yang terkandung dalam Al-Qur'an, yang mengandung pesan-pesan moral dalam rangka meningkatkan kualitas kehidupan beragama di Indonesia," harapnya.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Taman Kanak-kanak Al-Quran dan Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (LPPTKA-BKPRMI) ini, seyogyanya dilaksanakan pada tahun 2020. Sempat terhenti karena Covid-19, FASI yang dilaksanakan sepenuhnya di kawasan Sport City Jakabaring, Palembang ini diikuti oleh 2.216 peserta. (Af)


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Istimewa

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua