Sisihkan Ratusan Peserta, Siswa MAN IC Batam Targetkan Tembus Final Olimpiade APBN 2021

Batam (Kemenag) --- Siswa Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Kota Batam kembali menorehkan prestasi. Kali ini, capaian itu datang dari ajang Olimpiade APBN 2021 Tingkat Nasional yang diselenggarakan Kementerian Keuangan bekerjasama dengan PKN STAN. 

Dalam pengumuman yang dirilis oleh panitia, Selasa, 28 September 2021, dua Tim dari MAN IC Kota Batam berhasil lolos Seleksi Online Tahap I dengan menyisihkan ratusan peserta lainnya. Mereka berhak ikut seleksi online Tahap II untuk Regional I Wilayah Sumatera.

Olimpiade APBN merupakan kompetisi berskala nasional untuk pelajar dari SMA/MA/SMK/Sederajat atau Program Paket C yang ada di Indonesia. Olimpiade APBN 2021 menekankan pada pemahaman siswa tentang pengelolaan keuangan negara, mengenal APBN, mulai dari perencanaan, penganggaran, penyusunan, pelaksanaan, hingga pelaporan dan pembiayaan APBN. Termasuk juga pemahamaan tentang investasi pemerintah, Badan Layanan Umum (BLU), desentralisasi fiskal, monitoring dan evaluasi anggaran, nota keuangan negara, serta peran APBN dalam penanganan Covid-19.  

Sebelumnya, MAN IC Kota Batam mengirimkan sebanyak lima tim dan tergabung dalam Regional I Wilayah Sumatera. Namun, hanya dua tim yang mampu lolos seleksi tahap pertama, yaitu Tim Convertics yang beranggotakan (M. Wafiq Fadillah, Dwi Erina Athaillah, dan Haykal Sulthan Hakeem) berhasil menempati peringkat-1, dan Tim Cerebrum dengan anggotanya (M. Rayyan Akhsan, Akbar Putra Nurisnandar, dan Andi Muhammad Ryan Maulana) berada di peringkat-3 dari 25 tim terbaik regional I. 

Berdasarkan data dari panitia, sebanyak 2.072 tim dari 875 sekolah di seluruh Indonesia telah mendaftar Olimpiade APBN 2021. Sedangkan untuk Regional I Wilayah Sumatera sendiri diikuti sebanyak 405 tim. Dengan keluarnya pengumuman Seleksi Online Tahap I, telah ditetapkan sebanyak 100 tim yang lolos untuk mengikuti Seleksi Online Tahap II di mana setiap regional akan diikuti sebanyak 25 tim terbaik.

Ajang Olimpiade APBN ini dilaksanakan melalui beberapa tahap seleksi.  Pertama, tahap Online 1 untuk menyeleksi 25 tim terbaik setiap regionalnya. Selanjutnya, tahap Online 2 akan menyeleksi 3 tim terbaik dari setiap regional untuk tampil di babak semifinal. Di babak semifinal, setiap tim akan bersaing dengan tim dari regional lainnya. Bagi MAN Insan Cendekia Kota Batam sendiri, ini merupakan kali ketiga mengikuti ajang Olimpiade APBN. Dua tahun sebelumnya, tim MAN IC Batam berhasil menembus babak semifinal.

Kepala MAN IC Kota Batam Rudianto bersyukur atas prestasi siswanya. "Alhamdulillah, selamat buat tim Olimpiade APBN 2021 yang lolos Tahap I. Bersyukur kita karena setiap tahun selalu mengirimkan perwakilan hingga ke tahap nasional meski hanya finish di babak semifinal. Mudah-mudahan tahun ini berhasil meraih Juara Nasional," tuturnya di Batam, Rabu (29/9/2021).

"Terimakasih kami ucapkan kepada Pembina Ust. Jufri Marsal, Guru Ekonomi MAN IC Batam dan juga kepada siswa yang tergabung dalam Tim Olimpiade APBN MAN IC Batam atas prestasi yang dipersembahkan guna menaikkan nama baik dan citra Madrasah Mandiri Berprestasi," ungkapnya.

Kepada siswanya, Rudianto berpesan bahwa capaian ini baru tahap awal, sehingga tim agar tidak cepat puas dan terus berjuang. Dia berharap prestasi tahun ini bisa lebih baik dari tahun yang lalu. 

“Semoga prestasi ini membuka jalan untuk Ananda meraih prestasi-prestasi selanjutnya dan menduduki PTN yang diidamkan serta tercapai cita cita yang digoreskan. Aamiin," tegasnya. (Agus Sopian)