Pers Rilis

Serentak di Wilayah Indonesia, Kemenag Gelar Jalan Sehat Kerukunan dan Deklarasi Damai

Kemenag gelar Jalan sehat kerukunan

Kemenag gelar Jalan sehat kerukunan

Jakarta (Kemenag) --- Kementerian Agama akan menggelar Jalan Sehat Kerukunan dan Deklarasi Damai Umat Beragama. Giat ini akan digelar serentak di seluruh Kantor Wilayah Kemenag Provinsi di Indonesia.

Jalan Sehat Kerukunan ini digelar sebagai rangkaian dari peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-77 Kementerian Agama. Acara ini akan diadakan pada 14 Januari 2023, mulai jam 06.00 WIB sampai selesai.

“Sabtu pagi, Menag Yaqut Cholil Qoumas bersama jajarannya dan ASN Kemenag akan menggelar Jalan Sehat Kerukunan,” terang Ketua Panitia HAB ke-77 Kemenag Fesal Musaad di Jakarta, Kamis (12/1/2023).

Fesal, panggilan akrabnya, menjelaskan bahwa untuk kantor pusat, Jalan Sehat Kerukunan akan diikuti sekitar lima ribu peserta. Selain pegawai kantor pusat Kemenag, akan hadir juga utusan dari Kanwil Kemenag DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten. Ikut bergabung juga, kontingen dari sejumlah Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) di Jakarta dan sekitarnya.

Jalan Sehat Kerukunan akan mengambil rute dari halaman depan kantor pusat Kemenag, Jalan Taman Pejambon, menuju Jalan Medan Merdeka Timur, Medan Merdeka Utara, Medan Merdeka Barat, Medan Merdeka Selatan, Medan Merdeka Timur, lalu ke Jalan Perwira dan kembali ke halaman kantor pusat Kemenag.

“Jalan Sehat Kerukunan juga akan dihadiri tokoh agama dan tokoh pemuda dari berbagai majelis agama serta ormas keagamaan. Bersamaan itu, nantinya akan dilakukan Deklarasi Damai Umat Beragama,” ujar Fesal.

Deklarasi, kata Fesal, antara lain akan menyampaikan pesan tentang pentingnya upaya bersama dalam penguatan moderasi beragama dalam rangka meningkatkan kerukunan umat beragama. Juga komitmen menghindari hoaks dan tindakan intoleransi.

“Ini sesuai tema HAB ke-77 Kemenag, yaitu "Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat" dan relevan dalam menyongsong tahun politik,” tandasnya.

Jalan Sehat Kerukunan dan Deklarasi Damai Umat Beragama akan dimeriahkan juga dengan pameran dan bazaar produk halal UMKM di halaman kantor pusat Kementerian Agama. Pameran dan bazaar akan dibuka berlangsung dua hari, 13 – 14 Januari 2023.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Istimewa

Pers Rilis Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua