Nasional

Serahkan DIPA 2023, Menag Minta Prioritaskan Layanan Umat

Menag serahkan DIPA Kementerian Agama 2023 kepada para Pejabat Eselon I

Menag serahkan DIPA Kementerian Agama 2023 kepada para Pejabat Eselon I

Jakarta (Kemenag) --- Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Kementerian Agama (Kemenag) Tahun Anggaran 2023 hari ini diserahkan kepada seluruh unit Eselon I.

Menag Yaqut Cholil Qoumas mengingatkan jajarannya agar mengindahkan visi yang sudah ditetapkan, yaitu: memberikan pelayanan publik yang berkeadilan, transparan, dan akuntabel.

“Kita harus memiliki visi yang sama atas kementerian Agama. Visi ini harus dimiliki semua jajaran Kementerian Agama. Karena ini akan menentukan arah gerak kita, setidaknya dalam satu tahun ke depan,” tekan Gus Men, panggilan akrabnya, di Jakarta, Rabu (7/12/2022).

Ditegaskan Gus Men, program masing-masing unit kerja harus memprioritaskan kebijakan yang menyangkut harkat hidup orang banyak. “Di Kemenag tentu berkaitan umat beragama yang menjadi prioritas,” jelasnya.

“Mulai hari ini juga, laksanakan langkah-langkah optimalisasi realisasi anggaran, dengan efektif, efisien, akuntabel, serta jelas output dan outcomenya. Harus ada inovasi, lompatan yang diarahkan kepada kebermanfaatan orang banyak,” tandasnya.

Kepada jajaran Itjen Kemenag, Gus Men minta untuk mengawal dan mendampingi unit kerja Eselon I dalam pelaksanaan programnya. “Saya tidak mau program yang sudah disusun dengan baik, sesuai dan beriorientasi pada visi bersama tadi, ke depan malah bermasalah,” katanya.

Tak lupa, Gus Men juga mengapresiasi jajarannya, atas beragam penghargaan yang diraih Kementerian Agama sepanjang 2022, utamanya yang terkait Pelayanan Publik & Reformasi Birokrasi, dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB). Menurutnya, Kemenpan-RB merupakan kementerian yang memiliki kewenangan dalam menilai pelayanan dan birokrasi instansi dan lembaga negara.

“Penghargaan ini merupakan penghargaan untuk bapak ibu semua, atas kerja keras, kerja cerdas, dan kerjas bersama bapak ibu sekalian,” ungkapnya.

Gus Men berharap, penghargaan itu tidak membuat para pegawai Kemenag berpuas diri dan menjadikannya sebagai target akhir. Ia justru minta jajarannya untuk terus meningkatkan kinerja demi pelayanan lebih baik lagi.

Sebelumnya, Sekjen Kemenag Nizar melaporkan bahwa APBN Kementerian Agama Tahun Anggaran 2023 sebesar Rp70,4 triliun, terdiri atas Rp59 triliun untuk program pendidikan, dan Rp11 triliun untuk program keagamaan. Hal tersebut sudah ditertuang dalam Surat Menteri Keuangan No S-821/MK.02/2022 terkait Hal Penyampaian Alokasi Anggaran Kementerian/Lembaga TA 2023.


Editor: Moh Khoeron

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua