Nasional

Semarak Hari Anak Nasional, Penasehat DWP Kemenag Beri Edukasi Mengenal Bagian Tubuh 

Penasihat DWP Kemenag Eny Retno Yaqut

Penasihat DWP Kemenag Eny Retno Yaqut

Bogor (Kemenag) ---- Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama menyemarakkan Hari Anak Nasional dengan sejumlah perhatian terhadap anak-anak. Penasehat DWP Kementerian Agama, Eny Retno Yaqut mengajak berbagai pihak untuk mengoptimalkan pelindungan anak sejalan dengan Tema Hari Anak Nasonal 2022, ‘Anak Terlindungi, Indoensia Maju’.

Eny Retno Yaqut menyapa anak-anak di Raudlatul Athfal (RA) Purwanida 5 Nurul Fajar, Pabuaran, Bojongede Bogor. Hadir juga, Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah M Ishom Yusqi.

Disambut beberapa anak di depan kelas, Penasehat DWP Kemenag ini mengajarkan anak-anak tentang pengenalan anggota tubuh dan pentingnya menjaga diri.

Concern kami adalah perlunya menggalakkan ikhtiar pelindungan terhadap anak-anak,” ujarnya di Bogor, Kamis (28/7/2022).

Pesan ini disampaikan usai mendemonstrasikan alat peraga boneka dan mengenalkan empat bagian tubuh yang tidak boleh disentuh oleh orang lain, Bibir, Dada, serta dari perut sampai lutut. Menurutnya ini merupakan Edukasi Mengenal Anggota Tubuh.

“Edukasi seperti ini perlu terus digaungkan untuk melindungi anak-anak, terutama dari kekerasan seksual yang bisa dimulai dari mengenalkan mereka Anggota Tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh,” sambungnya.

Menurut Eny, edukasi semacam ini penting dikarenakan sebagian orang tua masih mengaggap bahwa hal itu tabu dan tidak pantas untuk diajarkan kepada anak-anak.

Penasehat DWP ini juga berpesan agar anak-anak sejak awal perlu ditanamkan pentingnya menjaga diri dari usia sedini mungkin. Untuk menarik perhatian anak-anak, Edukasi bisa dikemas dalam bentuk lagu dan memberikan pengertian sesuai dengan rentang usia anak.

Ia juga mengimbau semua pihak, terutama orangtua untuk memberikan kasih sayang sesuai porsi yang anak-anak butuhkan dan menjamin kesehatan mental anak.

“Orang tua harus up to date karena anak-anak kita tengah hidup di zamannya dan dengan tantangannya sendiri. Para orang tua harus meningkatkan edukasi kepada anak-anaknya,” pesannya.

Puncak Hari Anak Nasional akan digelar di Jungle Land Advanture Park, Bogor pada 9 Agustus 2022. Acara ini akan dimeriahkan oleh serangkaian penampilan Pentas Anak-Anak Nasional, sejumlah permainan tradisional dan tari kolosal, tetabuhan, dongeng anak, dan orkestra. Acara tersebut rencananya akan dihadiri pula oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.


Editor: Ubaidillah
Fotografer: Sugito

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua