Selamat Hari Anak, Menag Ajak Wujudkan Ruang Pendidikan Berbasis Agama

Jakarta (Kemenag) --- Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menghadiri Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2022 secara daring, Sabtu (23/7/2022). Acara ini digelar secar hybrid dan dipusatkan di Kebun Raya Bogor, Kota Bogor. Hadir di lokasi acara, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Presiden Jokowi dalam kesempatan itu mengajak beberapa anak yang hadir untuk bermain sulap. Keriuhan pun terjadi ketika Presiden Jokowi mampu secara tiba-tiba memunculkan bunga dari sebuah pot kosong.

Dalam momentum ini, Menag Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan bahwa Selamat Hari Anak tahun 2022. Menurutnya, anak merupakan penerus bangsa yang perlu dilindungi dari berbagai hal yang merusak. Gus Men, panggilan akrabnya, menegaskan bahwa masa depan bangsa sangat tergantung bagaimana pendidikan yang diterima oleh anak-anak.

“Anak adalah penerus kepemimpinan bangsa yang karenanya harus mendapat pembinaan, pendidikan, dan perlindungan hingga tumbuh menjadi generasi yang kuat dan tangguh,” ungkapnya.

Gus Men mengajak masyarakat memanfaatkan momentum Hari Anak untuk meneguhkan komitmen bersama dalam mewujudkan ruang-ruang pendidikan serta pembinaan dengan dasar agama yang kuat.

“Mari sama-sama mengukuhkan komitmen dan membangun semangat mewujudkan ruang-ruang pendidikan dan pembinaan berbasis agama, sekaligus upaya perlindungan atas hak-haknya demi lahirnya generasi unggul berkualitas,” ungkapnya.

Ia pun mengapresiasi tema Hari Anak tahun ini, yaitu "Anak Terlindungi, Indonesia Maju". Menurutnya hal ini selaras dengan komitmen pemerintah tentang perlindungan anak.