Nasional

Sekjen Minta AAI Kemenag Kembangkan Sistem Kearsipan

Pengurus Asosiasi Arsiparis Indonesia (AAI) Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) RI Periode 2022-2025

Pengurus Asosiasi Arsiparis Indonesia (AAI) Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) RI Periode 2022-2025

Jakarta (Kemenag) --- Sekretariat Jenderal (Sekjen) Kementerian Agama RI, Nizar Ali hari ini, Kamis (29/12/2022), memberikan arahan secara daring kepada Pengurus Asosiasi Arsiparis Indonesia (AAI) Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) RI Periode 2022-2025.

"Pelantikan pengurus AAI hari ini sangat spesial karena silaksanakan di akhir tahun dan menyongsong tahun baru 2023," ujar Sekjen Nizar Ali secara daring di hadapan pengurus AAI Wilayah Kemenag yang telah dilantik di Hotel Grand Orchardz Jakarta.

"Kementerian Agama saat ini konsen pada perbaikan tata kelola kearsipan termasuk transformasi digital di bidang kearsipan. Kondisi ini harus dibarengi oleh semangat segenap pengurus AAI Tingkat Wilayah Kementerian Agama untuk mengasah kemampuan personal, mengasah wawasan dan membangun literasi tentang kearsipan," tambahnya.

Sekjen berharap pengukuhan pengurus AAI Wilayah Kemenag ini menambah manfaat dan berkah bagi peningkatan tata kelola, manajemen kearsipan dan pengembangan sistem kearsipan di Kemenag.

Prosesi pelantikan, penandatanganan dan pembacaan Ikrar Arsiparis Indonesia dilakukan oleh Ketua Umum Pengurus Nasional AAI, Andi Kasman. Pelantikan ini mengangkat Heri Wiharso sebagai ketua, Tati Kurniati sebagai wakil ketua, dan Parlin Simamora sebagai sekretaris, serta Faesal Musaad sebagai Pembina AAI Wilayah Kemenag RI.

Andi Kasman selaku Ketua Umum AAI menyampaikan orasi ilmiah kearsipan dengan tema "Sinergi Kearsipan sebagai Memori Kolektif Bangsa dalam Upaya Membangun Moderasi Beragama".

"Semangat dan kinerja para arsiparis harus mengedepankan integritas, inovasi, tanggungjawab, keteladanan dan mencintai profesinya sebagai arsiparis," jelas pria yang juga menjabat sebagai Deputi Bidang Informasi dan Pengembangan Kearsipan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) tersebut.

"Dengan dilantiknya pengurus AAI Wilayah Kemenag RI ini diharapkan dapat mewujudkan profesionalisme arsiparis, mendukung transformasi kearsipan digital, dan mewujudkan tertib arsip di lingkungan Kementerian Agama," tutup Andi.


Fotografer: Sugito

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua