Santunan Anak Yatim Lintas Agama Tutup Rangkaian HAB ke-76 Kemenag

Jakarta (Kemenag) --- Kementerian Agama hari ini menutup rangkaian Hari Amal Bhakti (HAB) ke-76 yang mengusung tema Tranformasi Layanan Umat. Seremonial penutupan rangkaian HAB ke-76 ini diawali dengan senam kesegaran jasmani yang diikuti ASN Kemenag, dilanjutkan penyerahan santunan dan bingkisan kepada  anak yatim lintas agama. 

Mewakili Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Staf Ahli Bidang Hukum sekaligus Plt Dirjen Bimas Katolik Albertus Magnus Adiyarto Sumardjono mengatakan, rangakaian peringatan HAB ke-76 yang dibuka pada 3 Januari 2022 telah selesai. Santunan anak yatim dari lintas agama ini diserahkan AM Adiyarto Sumardjono didampingi Ketua Pelaksana HAB ke-76 Fesal Musaad dan sejumlah pejabat eselon I dan II Kementerian Agama. 

"HAB ke-76 menjadi spirit dan semangat bagi segenap ASN Kementerian Agama untuk melayani umat sesuai tagline Tranformasi Layanan Umat. Pada hari yang berbahagia ini, atas nama Mernteri Agama, saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak sehingga rangkaian HAB ke-76 tahun 2022 dapat berjalan dengan lancar dan sukses," kata AM Adiyarto Sumardjono, Jumat (21/1/2022).   

Ketua Pelaksana HAB ke-76 yang juga Kepala Biro Umum Setjen Kemenag Fesal Musaad dalam laporannya mengatakan pelaksanaan rangkaian kegiatan HAB ke-76 berlangsung sejak 16 Desember 2021 yang dibuka oleh Menteri Agama Yqut Cholil Qoumas.   

Pembukaan HAB ke-76 tersebut, lanjut Fesal, ditandai dengan kegiatan di antaranya senam bersama, penyerahan donasi Kemenag Peduli untuk korban Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang Jawa Timur, santunan kepada 300 anak yatim piatu, donor darah kerjasama DWP dan PMI, 
penguatan Moderasi Beragama dalam Perspektif Perempuan kerjasama dengan Dharma Wanita.

Ada juga Kampanye Moderasi Beragama melalui tokoh-tokoh muda lintas iman dan ormas keagamaan, upacara bendera, ziarah ke makam mantan Menteri Agama, eksebisi olahraga futsal dan tenis meja dan malam Tasyakuran HAB ke-76.

"Pada penutupan HAB ke 76 ini ditandai dengan senam kesegaran jasmani agar ASN tetap sehat di masa pandemi Covid-19 dan penyerahan santunan anak yatim piatu lintas agama sebanyak 100 orang," ujar Fesal.

Tampak hadir dalam rangkaian penutupan HAB ke-76, Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin, Plt Dirjen Bimas Hindu Komang Sri Marheni, Staf Khusus dan Staf Ahli Menteri Agama, pejabat eselon II Kementerian Agama serta pengurus DWP Kemenag RI.