Daerah

Safari Subuh, Cara Kakankemenag Kebumen Serap Saran dan Kritik Masyarakat

Kakankemenag Kabupaten Kebumen menggelar Safari Subuh untuk menyerap saran dan kritik masyarakat, Sabtu (22/1/2022). (Foto: Humas Kemenag Kebumen)

Kakankemenag Kabupaten Kebumen menggelar Safari Subuh untuk menyerap saran dan kritik masyarakat, Sabtu (22/1/2022). (Foto: Humas Kemenag Kebumen)

Kebumen (Kemenag) --- Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas telah berpesan bahwa di bawah kepemimpinannya, seluruh jajaran Kementerian Agama (Kemenag) harus memastikan semua layanan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Untuk memenuhi target tersebut, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Kebumen Ibnu Asaddudin menggali informasi kebutuhan masyarakat melalui "Safari Subuh".

Ia mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya jemput bola, menyerap saran dan kritik terkait layanan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen. “Ini sangat penting bagi kami guna evaluasi dan perbaikan layanan Kemenag Kebumen agar semakin CANTIK (Cepat, Akurat, Nyaman, Tertib, Ikhlas dan Kredibel),” kata Ibnu usai melakukan Safari Subuh pertamanya, Sabtu (22/1/2022).

Masjid Baiturrohim, dukuh Sarwodadi desa Kemangguan, Kecamatan Alian menjadi tujuan pertama kegiatan Safari Subuh Berjamaah Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen H. Ibnu Asaddudin. Turut hadir pada kegiatan ini, Camat Alian Kinanto, Penyuluh agama Islam Alian beserta perangkat desa setempat dan beberapa warga sekitar Masjid Baiturrohim.

Melalui kegiatan ini Ibnu berharap terjalin ukhuwah / kebersamaan yang harmonis antara Ulama, Umaro dan Umat. "Harapannya akan terbangun kepedulian di tengah masyarakat terhadap berbagai aspek, baik social, politik dan pemerintahan," tuturnya.

Hal ini, lanjut Ibnu, dapat meningkatkan partisipasi segenap komponen masyarakat dalam bidang pembangunan, keagamaan dan peran social kemasyarakatan.Pada kesempatan tersebut Ibnu kembali menegaskan bahwa Kemenag akan selalu hadir di tengah umat. Ini merupakan upaya
agar umat tenang dalam menjalankan ibadah dan aktivitas kesehariannya.

Ia pun menegaskan hal tersebut kepada jajarannya di Kankemenag Kabupaten Kebumen. “Kita harus bisa membuat mereka tersenyum dan tenang dalam menjalani kehidupannya,” ujar Ibnu Asaddudin.

“Harus dipahami bahwa kita sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah pelayan masyarakat, bukan sebaliknya malah minta dilayani. Sebagai pelayan, kita harus bisa melayani mereka dengan sebaik – baiknya dan harus tau apa yang mereka inginkan dan butuhkan,” pesan Ibnu.

Sementara itu, Camat Alian Kinanto dalam kata pengantarnya menyampaikan rasa syukurnya atas terselenggaranya kegiatan ini yang dirintis bersama Penyuluh Agama Islam, KUA dan Kecamatan Alian.

Kinanto berharap Safari Subuh bisa terus berjalan sekaligus sebagai sarana sosialisasi program Pemerintah Kabupaten Kebumen dan Kementerian Agama menuju Kebumen SEMARAK (Sejahtera, Mandiri, Berakhlak, Bersama Rakyat). Momen ini juga diharapkan Kinanto sekaligus mendukung pengentasan kemiskinan dengan memberi spirit kebiasaan bangun lebih pagi, dan mengawali aktifitas ibadah subuh berjamaah.

Pada kesempatan tersebut Kakankemenag Kebumen juga menyampaikan siraman rohani dilanjutkan dengan dialog bersama warga. Kesempatan ini digunakan oleh beberapa pengurus takmir dan warga/jemaah calon haji meminta keterangan atau bahkan mengadu kepada Kakankemenag. Mereka juga berharap kegiatan semacam ini terus dilaksanakan. (fz).


Editor: Indah
Fotografer: Istimewa

Daerah Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua