Nasional

SAE Nababan Berpulang, Thomas Pentury: Kita Kehilangan Tokoh Nasional Kristiani

Dirjen Bimas Kristen Thomas Pentury dan LHS (berkemeja putih) saat melayat Pdt SAE Nababan

Dirjen Bimas Kristen Thomas Pentury dan LHS (berkemeja putih) saat melayat Pdt SAE Nababan

Jakarta (Kemenag) --- Umat Kristen berduka atas meninggalnya Pdt Soritua Albert Ersnt (S.A.E) Nababan pada 8 Mei 2021.

"Umat Kristiani berduka, atas kepergian Pdt SAE Nababan. Beliau tokoh nasional yang banyak berjuang terhadap persoalan-persoalan umat Kristiani," kata Dirjen Bimas Kristen, Thomas Pentury saat melayat di rumah Duka di RSPAD, Sabtu (8/5/2021).

Thomas Pentury menyampaikan bahwa Pdt SAE Nababan merupakan tokoh Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) yang pernah menjabat sebagai Ketua Umum Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI).

"Saya mempunyai kenangan dengan Beliau. Beliau sosok pertama yang menghadiri kebaktian pengucapan syukur saya waktu dilantik sebagai Dirjen Bimas Kristen yang dilaksanakan oleh PP GMKI," kata Thomas Pentury.

"Beliau jugalah yang mengapresiasi saya, karena saya salah satu Dirjen Bimas Kristen yang datang bukan dari kalangan Teolog dan bukan dari Birokrasi Kementerian Agama," tambahnya.

Selain Thomas Pentury, Menteri Agama (2014-2019) Lukman Hakim Saifuddin yang biasa disapa LHS juga mempunyai kenangan saat berinteraksi dengan Pdt SAE Nababan.

Disampaikan LHS bahwa Pdt SAE Nababan merupakan sosok Kristiani yang gigih memperjuangkan permasalahan-permasalahan umat. "Beliau selaku tokoh nasional yang pertama mengucapkan selamat kepada saya saat diamanahi sebagai Menteri Agama RI pada Juni 2014. Dan beliau berpesan, bila ada masalah dengan umat Kristiani, jangan sungkan menghubunginya," kenang LHS.

SAE Nababan lahir 88 tahun silam dan wafat pada 8 Mei 2021. Beliau ini juga seorang tokoh yang punya andil besar dalam gerakan reformasi tahun 1998.

Selamat berpulang Pak SAE Nababan. Selamat beristirahat dalam damai di alam keabadian.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: M Arif Efendi

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua