Internasional

Rindu, Siswi MTsN 1 Pati ini Raih Empat Medali Internasional

Rindu Jenar Asmaranti, siswi MTsN 1 Pati menyabet Bronze Medal dalam ajang International English Competition For Students

Rindu Jenar Asmaranti, siswi MTsN 1 Pati menyabet Bronze Medal dalam ajang International English Competition For Students

Pati (Kemenag) --- Rindu Jenar Asmaranti, siswi MTsN 1 Pati kembali mengukir prestasi di ajang internasional. Rindu berhasil menyabet Bronze Medal dalam ajang International English Competition For Students.

Kompetisi yang diselenggarakan oleh TEENEAGLE- London ini belangsung pada 12 Februari 2022 dan digelar secara daring. Pemenang lomba diumumkan pada 20 Februari 2022 melalui Zoom Meeting dan Youtube pihak penyelenggara.

Untuk mendapat Bornze Medal, Rindu harus bersaing dengan para peserta dari 30 negara, yaitu: Albania, Angola, Austria, Azerbaijan, Bosnia and Herzegovina, Brazil, Bulgaria, Cambodia, Egypt, Ghana, Iraq, Kazakhstan, Kenya, Kyrgyzstan, Lao People’s Democratic Republic, Macau, Malaysia, Mozambique, Nigeria, North Macedonia, Pakistan, Romania, Russia, South Africa, Tajikistan, Tanzania, Turkey, Ukraine, Vietnam, dan United Kingdom.

Capaian ini adalah kali keempat yang diraih Rindu dalam dua tahun terakhir. Sebelumnya, Rindu Jenar Asmaranti memperoleh tiga medali tingkat internasional, yaitu Silver Medal dalam International Science and Invention Fair (ISIF) 2021, Gold Medal dalam International Innovation, Invention, and Competition (I3C) 2021, dan Bronze Medal dalam Asean Innovation Science Environmental and Entrepreneur Fair (AISEEF) 2022.

Rindu mengucap rasa syukur atas perolehan bronze medal dalam ajang International English Competition For Students. “Alhamdulillah. Ucapan syukur pada Allah selalu saya panjatkan atas hasil yang saya dapatkan dalam kompetisi ini,” ucapnya di Pati, Senin (21/2/2022).

Ia menyebutkan bahwa dalam kompetisi ini dirinya menyelesaikan Knowledge Quiz dengan kategori Eagles Category Grades 9: Students from countries where English is not their first language. “Kategori ini dikhususkan bagi siswa dari negara di mana Bahasa Inggris bukan sebagai bahasa utama mereka,” imbuhnya.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada MTsN 1 Pati karena telah memfasilitasi saya dalam mengikuti lomba bahasa Inggris tingkat internasional ini. Terima kasih juga untuk Mr. Didin selaku mentor pribadi yang telah mengarahkan saya,” lanjutnya.

Guru Pembimbing, Muhyidin Setyo Utomo, mengucapkan mengapresiasi prestasi Rindu. “Selamat atas prestasi ananda Rindu pada kompetisi bergengsi International English Competition For Students,” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa Teeneagle merupakan sebuah kompetisi yang melatih empat keterampilan (skills), yakni speaking, listening, reading, and writing. “Semoga dengan prestasi yang diraih dapat menambah semangat belajar berbahasa Inggris dan prestasinya di tingkat internasional,” harap Muhyidin.

Apresiasi juga disampaikan Kepala MTsN 1 Pati, Ali Musyafak. Menurutnya, setiap siswa mempunyai potensi yang berbeda-beda dan tugas guru hanya membimbing serta mengarahkan potensi tersebut. “Jika kita mampu membimbingnya ke arah yang benar maka akan muncul siswa yang brilliant di bidangnya masing masing,” tuturnya.

“Selamat Mbak Rindu, setelah kamu persembahkan medali di tingkat Asia, kini kamu kembali mempersembahkan prestasi terbaikmu di bidang bahasa Inggris tingkat internasional. Teruslah asah dan pupuk kemampuanmu dengan didasari akhlakul karimah agar kelak menjadi anak yang cerdas, berkarakter, unggul, dan mendunia,” harapnya.

Syafak, panggilan akrabnya, juga berpesan kepada para guru pembimbing agar tidak lelah berjuang membersamai para siswa mewujudkan MTsN 1 Pati menjadi madrasah yang uswatun hasanah dan istiqamah. “Kepada para guru pembimbing, jangan lelah untuk jariyah membimbing siswa. Semoga bernilai ibadah dan akhirnya dapat menghantarkan MTsN 1 Pati menjadi madrasah yang uswatun hasanah dan istiqomah,” pesannya.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Istimewa

Internasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua