Rektor IAIN Takengon: PWN PTK ke-15 Sarat Nilai-Nilai Moderasi

Palembang (Kemenag) --- Perkemahan Wirakarya Nasional (PWN) Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK) XV yang berlangsung di Palembang sarat dengan nilai-nilai Moderasi Beragama.

Pandangan ini disampaikan Rektor IAIN Takengon Zulkarnain seusai menyaksikan pembukaan helat PWN PTK ke-15 di Jakabaring Sport Center (JSC) Kota Palembang yang berlangsung pada 11 November 2021.

PWN PTK ke-15 dibuka Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan disaksikan seribuan lebih peserta PWN secara luring dan daring melalui kanal resmi Kementerian Agama. 

"Sesuai tema PWN PTK ke-15 yakni 'Konsistensi dalam Moderasi Beragama, Berkarya untuk Bangsa', seluruh rangkaian gelaran PWN tampak sarat dengan nilai-nilai Moderasi Beragama. Saat pembukaan juga ada pantun Moderasi Beragama dengan bahasa melayu Palembang," kata Zulkarnain, Sabtu (13/11/2021).

"Ini menunjukkan Moderasi Beragama sudah melekat dalam kearifan budaya lokal nusantara," sambungnya.

Menurut Zulkarnain, Moderasi Beragama sejatinya menjadi ruh dari Perguruan Tinggi Keagamaan di Indonesia. Ditambah lagi Moderasi Beragama merupakan program prioritas Kementerian Agama di bawah kepemimpinan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. 

Moderasi Beragama adalah cara pandang, sikap, dan praktik beragama dalam kehidupan bersama dengan cara mengejawantahkan esensi ajaran agama yang melindungi martabat kemanusiaan dan membangun kemaslahatan berlandaskan prinsip adil, berimbang dan menaati konstitusi sebagai kesepakatan berbangsa. 

Moderasi beragama bukanlah upaya memoderasikan agama, melainkan memoderasi pemahaman dan pengamalan dalam beragama.

Dalam menyemarakkan helat PWN PTK ke-15, lanjut Zulkarnain, mahasiswa IAIN Takengon menampilkan pagelaran budaya Gayo yang kaya akan nilai etik, estetik, dan spritual tinggi yang telah teruji dalam bingkai NKRI. 

PWN PTK ke-15 dengan tuan rumah UIN Raden Fatah Palembang berlangsung selama 6 hari, 9 - 14 November 2021.  

Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dalam PWN PTK ke-15 berupa pengembangan wawasan, pelatihan dan bhakti pramuka ke masyarakat.