Nasional

Ramadan 1444 H, Masjid Raya Syekh Zayed Siapkan 4000 Takjil Harian

Menag Yaqut Cholil Qoumas dalam pembukaan Masjid Raya Syekh Zayed untuk masyarakat.

Menag Yaqut Cholil Qoumas dalam pembukaan Masjid Raya Syekh Zayed untuk masyarakat.

Surakarta (Kemenag) --- Masjid Raya Syekh Zayed Surakarta sudah resmi dibuka dan bisa digunakan untuk aktivitas ibadah masyarakat umum. Selama Ramadan 1444 Hijriyah, Masjid Raya ini akan menyediakan makanan takjil berbuka puasa.

Hal ini disampaikan Menag Yaqut Cholil Qoumas saat mendampingi Wapres KH Ma'ruf Amin meresmikan pembukaan penggunaan Masjid Raya Syekh Zayed di Surakarta. Menurutnya, masjid ini akan menyediakan 4000 takjil setiap hari untuk umat muslim selama bulan Ramadhan 1444 Hijriyah.

"Kita akan memberikan takjil, iftar untuk umat muslim yang melaksanakan ibadah puasa. Insya Allah per hari ada 4000, tadi disampaikan oleh pihak Emirates. Mereka akan menanggung semua pengeluarannya," ujar Menag di Surakarta, Selasa (28/2/2023).

Menag Yaqut menyampaikan bahwa Masjid yang dibangun sebagai hadiah dari Presiden Persatuan Emirat Arab Mohammed bin Zayed Al Nahyan untuk Indonesia ini akan dikelola Kementerian Agama.

"Masih ada beberapa pekerjaan finishing yang harus diselesaikan agar ini sempurna dan segera diserahkan ke pihak Uni Emirat Arab untuk kemudian diserahkan ke Kementerian Agama untuk pengelolaannya," kata Menag.

"Kita senang karena kita lihat masjid ini luar biasa. Masjid ini adalah replika dari Sheikh Zayed Grand Mosque yang ada di Abu Dhabi, Uni Emirates Arab," tambahnya.

Menag berharap kehadiran Masjid Syekh Zayed ini akan menambah semangat umat dalam merawat keberagamaan yang moderat dan toleran.

Turut hadir dalam pembukaan, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Romadaniel

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua